Delete Profile Wifi di Windows 8

Selamat malam sobat Venturaz's blog !

Ketika PC atau Laptop sobat connect ke jaringan wifi maka secara otomatis profile wifi yang sudah pernah sobat connect akan tersimpan secara otomatis, tujuan nya adalah agar ketika sobat connect kembali ke jaringan wifi tersebut tidak perlu melakukan otentifikasi atau memasukan password. Namun, masalah muncul ketika password dari wifi tersebut di ganti dimana sobat perlu melakukan Forget (menghapus profile wifi yang tersimpan) agar sobat bisa menggunakan wifi dan bisa ber-internetan tanpa terganggu, dan biasanya jika sobat sudah menghapus profile wifi tersebut dari PC atau laptop maka sobat harus memasukan password kembali. 

Jika di windows 7 untuk menghapus profile wifi yang sudah tersimpan cara nya cukup mudah, sobat hanya perlu Klik Start > Control Panel (View: Small/Large Icons) > Network and Sharing Center > Manage wireless networks (di sebelah kiri). Tapi pertanyaannya bagaimana cara menghapus profile wifi pada Operating System Windows 8/8.1 ? karena fitur tersebut sudah di hilangkan dari OS Windows 8/8.1.

Cara Forget atau Delete Profile Wifi di Windows 8/8.1

Seperti yang sudah saya singgung diatas, tujuan dari forget atau delete profile wifi ini yaitu untuk menghilangkan profile wifi berupa SSID dan Password yang tersimpan di komputer, jadi intinya setelah sobat menghapus profile wifi dan mengkoneksikan nya kembali maka sobat akan ditanya untuk memasukkan password nya lagi. Bagaimana cara forget atau delete profile wifi di sistem operasi windows 8/8.1 ? silahkan disimak tutorial berikut ini sob.

Berikut langkah-langkah cara menghapus profile wifi pada windows 8/8.1 :

Pertama, silahkan buka jendela CMD atau Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R, kemudian ketikan cmd dan tekan Enter, kalau sudah masuk ke command prompt sobat harus mengetik perintah "netsh wlan show profile" tanpa tanda petik. Lihat gambar dibawah !



Setelah sobat mengetikan perintah di atas, selanjutnya sobat bisa melihat profile wifi yang tersimpan, untuk menghapus profile wifi yang di inginkan bisa mengetikan perintah netsh wlan delete profile name="Profile-name", profile name yang saya cetak warna merah sobat bisa menggantinya dengan nama wifi yang akan sobat hapus dari PC atau laptop.



Kalau sobat sudah mengetikkan perintah tersebut dengan benar maka akan ada pesan konfirmasi seperti "Profile "Profile_Name" is deleted from interface "Wireless Network Connection". Pesan tersebut mengindikasikan perintah yang sobat ketikkan sudah betul dan profile wifi yang sobat ingin hapus sudah berhasil di eksekusi dengan baik.

Sekarang sobat tinggal mengkoneksikan laptop ke jaringan wifi dan kalau diminta untuk menginput password silahkan input password wifi nya, delete profile wifi ini merupakan salah satu langkah dalam proses troubleshooting untuk memecahkan permasalahan ketika PC atau laptop kita tidak bisa terhubung ke jaringan wifi. 

Selesai sudah tutuorial Cara Delete Profile Wifi di Windows 8 kali ini, semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat. Mohon kritik dan saran nya demi perkembangan blog ini agar lebih baik lagi, tentunya sampaikan kritik dan saran dengan bahasa yang baik dan sopan ya sob ;)

Subscribe to receive free email updates: