How to Configure Wireless Router ASUS RT-N12

Selamat siang sobat Venturaz's Blog !! :)

Di artikel sebelumnya saya sudah posting tutorial Konfigurasi Router Wifi Cisco Linksys E1200, nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial yang sama hanya saja wireless router yang di gunakan pada tutorial ini berbeda bukan dari keluarga cisco linksys, melainkan dari keluarga Asus, yaitu ASUS RT-N12. Sama halnya dengan wireless router yang lain router asus pun memiliki default IP yang sudah terpasang di dalam nya untuk memudahkan proses konfigurasi.

Kelebihan Router ASUS RT-N12

Router wifi ini termasuk kedalam kategori entry level karena harga nya yang terjangkau, sobat bisa membeli nya di online shop dengan kisaran harga IDR 500K, dengan harga segitu sobat akan mendapatkan router wifi yang sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan rumahan, secara umum kelebihan dari router wifi ASUS RT-N12 ini yaitu sebagai berikut :

  • 3-in-1 multi wireless mode : Router/Access Point /Range Extender
  • Dua antena 5 dBi yang dapat dilepas untuk jangkauan yang lebih luas 
  • 4 SSID membantu mengatur alokasi bandwidth dan kontrol akses
  • Multitasking online yang lebih baik hingga 30,000 sesi data

Untuk spesifikasi lengkap nya sobat bisa melihat nya di website resmi ASUS Indonesia, atau klik link berikut Spesifikasi Lengkap Router ASUS RT-N12.

Cara Setting Router Wifi ASUS RT-N12

Langsung saja kita bahas bagaimana cara konfigurasi router ini agar user di jaringan kita bisa terkoneksi dengan internet, karena default IP nya 192.168.1.1 sobat bisa langsung dial IP tersebut di URL bar browser dan login dengan username & password "admin" tanpa tanda petik.


Jika sudah login dengan usarname dan password tersebut sobat akan di arahkan ke halaman seperti di bawah ini, Klik GO lalu klik Manual Setting.



Tahap selanjutnya sobat harus mengisikan Password untuk login ke halaman config nya dan klik Next jika sudah,  dan klik Next  lagi, dihalaman ini sobat hanya bisa merubah password nya saja sedangkan username nya tidak bisa diubah.

Karena username nya tetap default admin, usahakan untuk menginput password dengan kombinasi huruf dan angka yang tidak mudah ditebak agar lebih aman.


Setelah klik Next maka sobat akan diarahkan ke halaman seperti gambar dibawah ini, pada tahap ini sobat bisa menentukan wireless mode nya, wireless mode yang bisa di dipilih yaitu :

Wireless router mode (default)
Apabila sobat memilih mode ini berarti perangkat di setup sebagai router yang berarti Wan Connection Type pada  ASUS RT-N12 ini bisa ditentukan apakah menggunakan pppoe, ip statik maupun dhcp. Selain itu, pada mode ini fitur seperti NAT, Firewall dan DHCP Server sudah aktif secara otomatis.

Repeater mode
Modem ini dipilih apabila router ASUS RT-N12 akan sobat fungsikan sebagai repeater atau range extender.

Access Point (AP) mode
Pada mode ini router ASUS RT-N12 berfungsi sebagai bridge yang berarti pada mode ini router asus tidak bisa memberikan IP DHCP kepada client dibawah router, pada mode ini juga router asus hanya berfungsi sebagai pemancar sinyal wifi dan broadcast SSID.


Selanjutnya pilih WAN Connection Type nya sesuai informasi yang di berikan oleh pihak ISP sobat apakah untuk Type koneksi nya menggunakan dhcp, pppoe atau static ip, pada contoh di bawah ini saya menggunakan static ip selanjutnya klik Next.


Isikan IP address, Netmask, Default Gateway dan DNS yang sobat dapatkan dari ISP sobat dan klik Next, untuk lebih jelas nya bisa lihat contoh gambar di bawah ini.


Ganti SSID dan Password Wifi sesuai keinginan dan klik Apply untuk menerapkan perubahan konfigurasinya.

NB : SSID (Service Set Identifier) adalah nama wifi yang akan muncul jika sobat scan menggunakan smartphone atau laptop.


Akan muncul status informasi konfigurasi apa saja yang sudah sobat ubah, klik Next untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.


Di bawah ini adalah tampilan (User Interface) dari router wifi ASUS RT-N12 yang sudah sobat konfigurasi klik tab LAN untuk menyesuaikan segment IP pada jaringan lokal.


Pada Tab DHCP Server sobat bisa menentukan Start dan End Pool Address, sedikit penjelasan mengenai Pooling IP Address ini adalah Range IP yang akan otomatis di berikan kepada device user yang terkoneksi dengan jaringan wifi sobat. klik Apply jika sudah.


Karena saya menginginkan agar router wifi saya bisa menerima respons ICMP packet seperti Ping dan Traceroute dari luar jaringan lokal maka saya mengaktifkan Respon Ping Request from WAN dan men-disable Firewall-nya.


Sampai tahap ini wireless router sobat sudah selesai di konfigurasi dan user di jaringan lokal sobat sudah bisa terkoneksi dengan internet.

Cukup sekian tutorial kali ini, untuk tutorial lainnya seperti Port Forwarding dan lain-lain akan saya posting pada kesempatan yang lain, jangan lupa terus mengunjungi Venturaz's Blog untuk mendapatkan tutorial menarik lainnya, semoga bermanfaat.

Baca juga :

Cara konfigurasi AP EnGenius EAP600
Cara setting wifi access point di mikrotik
Cara konfigurasi router cisco linksys smart wifi EA6200

Subscribe to receive free email updates: