Konfigurasi Router Wifi Cisco Linksys E1200

Router wifi Cisco Linksys E1200 adalah salah satu produk router wifi entry level dari cisco, router wifi ini memiliki design yang simple tanpa antena external dan cocok untuk penggunaan SOHO (small office home office), harga nya pun cukup terjangkau. Sobat bisa membeli nya di online shop dengan harga kurang dari IDR 500K.

Dari segi spesifikasi router ini bukan varian router wifi yang terbaik di range harga tersebut karena masih banyak router wifi yang memiliki spesifikasi dan performa networking yang lebih baik namun harga nya jauh lebih murah. Balik lagi, sesuai judul artikel kali ini saya akan share tutorial cara konfigurasi router wifi cisco linksys e1200.

Baca juga :
Basic setting router cisco linksys smart wifi
Cara blok akses internet client dengan MAC Filter di router Linksys E1200

Pada dasar nya semua jenis router wifi cara konfigurasi nya sama hanya saja interface (tampilan) nya yang berbeda dan terkadang membuat kita bingung. Nah, sekarang saya akan share cara konfigurasi salah satu router wifi dari keluarga linksys yaitu Linksys E1200.

Cara Setting Router Wifi Cisco Linksys E1200


Ketika laptop atau PC sobat terhubung baik via kabel maupun via wifi ke router, maka secara otomatis PC atau laptop sobat akan mendapatkan IP address dari dhcp yang di berikan oleh router. Default IP dari semua produk cisco linksys yaitu 192.168.1.1, sobat bisa mengetikan IP tersebut di browser dan akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, centang "i understand that network is currently . . . " lalu klik Continue.


Setelah itu akan di arahkan ke halaman login, ketikan Username dan Password "admin" tanpa tanda petik dan klik Login.


Kalau sudah masuk ke halaman konfigurasi, pada bagian Internet Connection Type nya pilih Static IP, karena kali ini saya menggunakan IP static yang saya dapatkan dari penyedia internet, selanjutnya klik Save Setting.

Oh ya, pada menu Setup ini selain bisa menentukan internet connection type dan men-setup konfigurasi untuk WAN nya, sobat juga bisa merubah konfigurasi IP untuk lokal jaringan nya seperti IP, Netmask, Range IP DHCP dan DNS (domain name system) yang akan diberikan ke user di jaringan lokal.


Untuk mengganti SSID (nama wifi) klik tab Wireless, untuk opsi Network mode dan SSID nya bisa sobat ganti sesuai keinginan, Channel Width nya pilih Auto (20/40 MHz). Channel nya bisa juga di tentukan, dan jika sudah selesai klik Save Setting.

Agar lebih jelas silahkan lihat contoh seperti pada gambar dibawah ini.

Setelah selesai men-setup konfigurasi seperti SSID, Network Mode, Channel Width dan Frequency pada sub-tab Basic Wireless Settings, selanjutnya kita harus men-setup password pada sub-tab Wireless Security agar jaringan wifi kita lebih aman dan orang lain tidak bisa sembarangan menggunakan jaringan wifi kita.

Karena tidak lengkap kalau jaringan wifi tidak di proteksi dengan password, karena semua orang nantinya bisa terkoneksi dengan mudah ke jaringan wifi, linksys e1200 sendiri sudah mendukung security mode baik itu WEP, WPA, maupun WPA2. Untuk proteksi maksimal sobat bisa pilih WP2 Personal kemudian tentukan password yang di inginkan selanjutnya klik Save Setting.

Jika sobat tidak ingin router wifi bisa di Ping ataupun di Traceroute dari luar jaringan sobat bisa mengaktifkan opsi firewall, masuk ke tab Security dan pilih disable.

Tapi karena saya menginginkan agar router saya bisa merespon paket ICMP dari jaringan internet maka saya pilih Disable, dan terkahir klik Save Setting untuk menyimpan perubahan.


Jika sobat ingin merubah Username dan Password untuk login ke halaman konfiruasi router dan ingin mengaktifkan Remote Management, sobat bisa masuk ke tab Administration, sebelumnya sobat harus merubah password nya terlebih dahulu, barulah bisa mengkatifkan remote menagement dengan mengklik Enable dan menentukan port nya kalau sudah klik Save Setting, untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah ini.


Sampai tahap ini konfigurasi nya sudah selesai dan laptop sobat bisa terhubung ke internet, cukup sekian tutorial kali ini dan jangan lupa untuk tetap mengunjungi Blog sederhana ini agar pengetahuan sobat tentang networking semakin bertambah, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel menarik lain-nya :

Basic setting AP EnGenius EAP600
How to Configure Wireless Router ASUS RT-N12
Basic setting wireless range extender Linksys RE2000

Subscribe to receive free email updates: