Mengenal Cloud Computing

Pengertian Cloud Computing


Bagi sebagian orang mungkin akan bertanya-tanya apa itu Cloud Computing ? Cloud Computing yang dalam bahasa indonesia di kenal dengan istilah Komputasi Awan adalah suatu penggabungan pemanfaatan tekologi komputer (komputasi) dan layanan berbasis internet (awan).

Jadi secara ringkas nya cloud computing / komputasi awan adalah suatu layanan dari penyedia cloud computing yang memungkinkan kita untuk bisa menyimpan data atau file di internet (awan), dengan penyimpanan berbasis awan kita bisa mengakses file kita dimanapun dan kapanpun selama kita terkoneksi dengan jaringan internet.

Mengenal Cloud Computing
Image taken from : www.pixabay.com


Manfaat Cloud Computing

Dari penjelasan tentang cloud computing diatas, ada banyak manfaat yang bisa kita ambil dari cloud computing, yaitu :

Skalabilitas, yaitu dengan cloud computing kita bisa menambah kapasitas penyimpanan data kita tanpa harus membeli peralatan tambahan, misalnya hardisk dll. Kita cukup menambah kapasitas yang disediakan oleh penyedia layanan cloud computing.

Aksesibilitas, yaitu kita bisa mengakses data kapanpun dan dimanapun kita berada, asal kita terkoneksi dengan internet, sehingga memudahkan kita mengakses data disaat yang penting.

Keamanan, yaitu data kita bisa terjamin keamanan nya oleh penyedia layanan cloud computing, sehingga bagi perusahaan yang berbasis IT, data bisa disimpan secara aman di penyedia cloud computing. Itu juga mengurangi biaya yang diperlukan untuk mengamankan data perusahaan.

Kreasi, yaitu para user bisa melakukan/mengembangkan kreasi atau project mereka tanpa harus mengirimkan project mereka secara langsung ke perusahaan, tapi user bisa mengirimkan nya lewat penyedia layanan cloud computing.

Kecemasan, ketika terjadi bencana alam data milik kita tersimpan aman di cloud meskipun hardisk atau gadget kita rusak.

Cloud storage


Mengenal Cloud Computing

Saat ini banyak perusahaan yang menawarkan aplikasi Cloud Storage, dengan banyaknya aplikasi cloud storage memungkinkan kita untuk memilih jenis aplikasi cloud storage yang cocok untuk kita, untuk itu akan saya jelaskan jenis - jenis aplikasi cloud storage yang saya kutip dari website www.cloudindonesia.or.id  yang ada saat ini :

  • Dropbox, dengan menginstall aplikasi dropbox di PC atau smartphone, sobat sudah bisa menikmati layanan penyimpanan awan gratis sebesar 2GB dengan register account sobat terlebih dahulu tentunya di situs www.dropbox.com

  • Google Drive, jika sudah punya account google sebelumnya, maka tidak perlu lagi signup untuk menikmati layanan yang satu ini karena account google sobat sudah bisa tersinkronisasi dengan Google Drive, sobat hanya perlu menginsatall aplikasi di smartphone atau PC saja, atau bisa juga mengakses nya langsung via browser www.google.com/drive.

  • Microsoft SkyDrive, merupakan aplikasi cloud storage besutan microsoft cara kerja nya sama dengan aplikasi cloud storage yang lain hanya saja ada kelebihan pada cloud storage milik microsoft ini, yaitu bisa membaca file microsoft office secara online dan sudah tersedia kapasitas penyimpanan sebesar 7GB.

  • Apple iCloud, bagi sobat pengguna handset milik apple baik itu ePad, iPhone, dll. Sobat sudah bisa menggunakan aplikasi ini tanpa harus menginsatall nya, dan semua file yang di download seperti music dari iTunes sudah otomatis tersinkronisasi denga iCloud.

Cukup sekian artikel kali ini, semoga bisa menambah wawasan  mengenai cloud computing. 

Sumber referensi : 
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan
http://www.cloudindonesia.or.id/aplikasi-media-penyimpanan-cloud.html#comment-6758

Subscribe to receive free email updates: