Menghilangkan Log di Mikrotik via Winbox

Tutorial yang akan saya share kali ini adalah salah satu trik tersembunyi di mikrotik, kenapa saya katakan tersembunyi? karena memang tidak ada tool di winbox atau command pada console untuk menghilangkan log di mikrotik, sebenarnya trik ini bukan betul-betul menghilangkan semua log yang ada di router mikrotik tapi bisa di katakan hanya mengurangi log saja sehingga hanya tersisa 1 baris, jadi bukan benar-benar menghilangkan.

Apa itu Log Pada Mikrotik ?


Log adalah history atau catatan yang disimpan pada storage router mikrotik, log akan merekam semua aktifitas yang terjadi didalam router mikrotik itu sendiri, kemudian aktifitas apa saja yang akan di rekam pada log mikrotik ? jawaban nya adalah semua aktifitas baik itu perubahan konfigurasi yang dilakukan oleh user maupun aktifitas yang terjadi secara otomatis karena terjadinya proses lalu lintas data pada jaringan yang melewati router mikrotik.

Apa Manfaat Log Pada Router Mikrotik ?


Karena log akan merekam semua aktifitas yang terjadi baik di dalam router mikrotik maupun lalu lintas data pada jaringan yang melewati router mikrotik, manfaat nya tentu saja sebagai salah satu bahan dokumentasi untuk keperluan analisa apabila suatu saat terjadi problem pada jaringan yang kita kelola, dengan log kita akan mengetahui siapa yang melakukan perubahan konfigurasi pada router mikrotik, bahkan tidak jarang ada aktifitas dari luar jaringan seperti percobaan brute force attack oleh attacker yang tidak bertanggung jawab yang akan masuk ke dalam log, tentu saja akan memudahkan kita untuk mencegah atau mengantisipasi kejadian seperti ini.

Kenapa Log Pada Router Mikrotik Harus di Hilangkan ?


Karena banyak nya log yang tersimpan mungkin akan membuat sobat risih dan ingin mengurangi log yang ditampilkan agar tidak terlalu banyak, kalau iya silahkan praktekkan tutorial dibawah ini sob.

Cara Menghilangkan atau Mengurangi Log Pada Mikrotik


Disini saya menggunakan RB750 dari keluarga RouterBoard Series dengan versi OS yaitu v6.15 mipsbe, langsung saja ikuti step step di bawah ini sob :

  • Silahkan login ke router mikrotik via Winbox
  • Klik Log untuk melihat history atau log yang sudah tersimpan, selanjutnya buka New Terminal dan ketikan perintah dibawah ini pada Console New Terminal.

/system logging action set memory memory-lines=1
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah.


Kalau sudah diketikan perintah di atas dan menekan Enter di keyboard, maka hasilnya hanya akan tersisa 1 baris log saja. Lihat gambar dibawah !


Untuk mengembalikan nya lagi seperti semula ketikan perintah yang sama hanya saja parameter angka "1" di ganti dengan angka sesuai jumlah baris yang di inginkan yang nanti nya akan muncul di log mikrotik, sebagai contoh saya ketikan perintah berikut :
/system logging action set memory memory-lines=100  
Angka "100" disini berarti log yang akan muncul di log mikrotik nya tidak akan lebih dari 100 baris. Semoga bermanfaat silahkan dicoba !

Kerugian Menghilangkan atau Mengurangi Log di Mikrotik


Sebelum memutuskan untuk mengurangi jumlah baris log yang di tampilkan di menu /log, sebaiknya sobat pikirkan lagi baik-baik karena dengan mengurangi jumlah baris log yang di tampilkan maka sobat akan kesulitan menganalisa apabila ada sesuatu yang terjadi pada router mikrotik, baik itu kesalahan konfigurasi yang menyebabkan jaringan sobat down ataupun terjadinya flooding ssh dan lain sebagainya.

Saya sendiri tidak menyarankan sobat mengurangi jumlah baris log yang ditampilkan pada menu /log mikrotik karena nanti akan menyusahkan dalam proses analisa problem yang terjadi, tutorial ini saya tulis hanya sebatas sebagai pengetahuan saja, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: