Delisting IP Address Public dari Spamhaus

Apa itu Spamhaus ?

Spamhaus adalah salah satu organisasi nirlaba international yang menangani masalah traffic spam di seluruh dunia, IP Publik yang masuk ke database spamhaus ini bisa jadi rujukan bagi layanan internet lain untuk memblock akses dari IP Publik kita ke layanan tersebut. Artikel ini saya tulis karena beberapa waktu lalu saya sempat mengalami IP Publik yang saya gunakan terkena spam yang menyebabkan masuk ke database spamhaus.org.

Indikasi IP Publik Terkena Spam

Indikasi dari IP Public yang terkena spam dan masuk ke blacklist baik itu dari spamhaus, BARRACUDA, RATS NoPtr maupun yang lainnya adalah kita akan menemukan dimana ketika kita membuka sebuah website harus memasukan kode verifikasi captha, kesulitan login ke Yahoo Messenger, browsing terasa lambat, tidak bisa mengakses cpanel, bahkan tidak bisa mengirim email keluar yang menggunakan email dengan domain sendiri baik dengan aplikasi email client seperti Ms. Outlook ataupun webmail.

Cara Delisting IP Publik dari Spamhaus

Baiklah mungkin itu sedikit penjelasan pengaruh dari IP Publik kita yang masuk ke blacklist spam. Lalu bagaimana cara membersihkan, menghapus atau bahasa keren-nya disebut dengan delisting IP ?

Nah untuk itu disini saya akan jelaskan step by step bagaimana cara delisting IP Publik dari spamhaus, lho kok cuma delisting IP dari spamhaus, kenapa enggak dari BARRACUDA, RATS NoPtr atau yang lain-nya ? Kebetulan sekarang saya hanya akan menjelaskan cara delisting IP dari spamhaus saja, untuk cara delisting IP dari BARRACUDA dan yang lain-nya akan saya bahas di lain waktu.

Pertama sobat harus mengetahui IP Publik yang digunakan yg kebetulan terkena spam, kalau belum tahu silahkan masuk ke website whatismyip.com dan otomatis akan muncul IP Publik nya.

Copy IP nya lalu buka website http://mxtoolbox.com/blacklists.aspx dan paste di kolom yang tersedia kemudian klik tombol MX Lookup untuk mengetahui IP Publik sobat masuk ke dalam blacklist apa saja.



Dari contoh gambar diatas diketahui kalau IP Publik nya masuk ke blacklist CBL dan Spamhaus ZEN, untuk menghapus nya silahkan sobat masuk ke website http://www.spamhaus.org/lookup/, Masukan IP address nya di kolom Enter an IP Address dan klik tombol Lookup.



Untuk menghapus nya dari blacklist SBL silahkan klik link SBLCSS yang berwarna biru dan sobat akan masuk ke halaman seperti gambar dibawah ini, masukan IP Publik yang akan di delisting, hostname dari IP Publik nya (ex. hostname.ip.net.id), masukan alamat email dan masukan juga kode verifikasi captha kemudian klik tombol Proces.

Note : Email address yang dimasukan harus email address dengan domain sendiri jangan email gratisan dari Yahoo, Gmail, atau Hotmail.


Kalau sudah di klik tombol Process, spamhaus secara otomatis akan mengirimkan email berupa kode verification yang nantinya akan kita masukan di kolom Confirmation Code.


Copy Verification/Confirmation Code yang dikirimkan oleh spamhaus ke email sobat dan paste di kolom Confirmation Code, untuk kolom IP Address nya harus di isi dengan IP Publik yang sebelumnya telah kita masukan di kolom Blocklist Removal Center. Klik Confirm untuk melanjutkan.


Kalau sudah klik tombol Confirm maka akan muncul halaman yang memberitahukan kalau IP address sobat sudah sukses di remove dari SBLCSS, sobat akan diminta menunggu selama 30 menit agar IP address nya benar-benar bersih, perlu di ingat juga bahwa delisting IP ini tidak bersifat permanen, dalam arti kata kalau IP sobat terdeteksi melakukan spamming maka akan masuk lagi ke database spamhaus dan harus di delisting lagi.


Sekarang silahkan sobat check kembali apakah IP nya sudah bersih atau masih terdaftar di database blocklist spamhaus.


Nah sudah bisa di lihat hasilnya IP Publik sobat sudah berhasil di delisting dari database blocklist spamhaus, dan sudah bisa digunakan untuk send email dan yang lainnya.

Perlu di perhatikan bahwa kalau IP address sobat sudah sering masuk ke database spamhaus tidak menutup kemungkinan IP address nya akan di blocklist secara permanen, untuk menghindari hal itu sebaiknya pastikan PC user di jaringan sobat terbebas dari malware, virus maupun kegiatan spamming yang membahayakan jaringan.



Image source : https://spamemailsexchange.wordpress.com/

Subscribe to receive free email updates: