Download Video Youtube Menggunakan Terminal Linux

Banyak cara yang bisa kita gunakan kalau kita ingin download video dari Youtube, termasuk di system operasi berbasis GNU/Linux pun banyak cara yang bisa kita gunakan, salah satunya dengan menggunakan terminal linux. Ya, terminal linux adalah shell pada OS berbasis linux yang sangat powerfull, dengan terminal kita bisa melakukan apapun pada OS Linux kita mulai dari install software, management file, uninstall software dll, termasuk download video dari youtube :)

Trik mudah download video dari youtube memang selalu menjadi trik yang menarik untuk di pelajari, ini dikarenakan semua orang sudah sangat familiar sekali dengan layanan video streaming yang satu ini, tapi masalah nya tidak semua orang memiliki akses internet yang cepat sehingga bisa dengan lancar memutar video streaming.

Karena masih banyak nya orang yang memiliki keterbatasan mengakses internet maka kegiatan download video dari youtube untuk di simpan di internal storage masih menjadi kebiasaan bagi sebagian pengguna internet, karena dengan mendownload nya kita akan bisa leluasa kapan saja memutar video hasil download tadi tanpa harus terkoneksi ke internet.

Di blog ini saya juga sudah menulis beberapa artikel atau tutorial yang berkaitan dengan trik mudah mendownload video dari youtube yang bisa sobat pelajari melalui link berikut :

Cara download video youtube format mp3
Cara download video youtube tanpa IDM
Cara download lagu dari youtube
Cara download video youtube menggunakan layanan en.savefrom.net

Cara Download Video Youtube Menggunakan Terminal Linux

Seperti yang sudah saya singgung diatas, dengan menggunakan terminal pada OS berbasis linux pun kita bisa dengan mudah men-download video dari youtube, caranya pun sangat simple karena kita hanya perlu mengetikkan baris perintah saja maka video youtube sudah bisa di download.

Namun perlu sobat ketahui, Command (perintah) yang akan kita gunakan untuk download video dari youtube ini bukanlah command yang sudah include dalam OS GNU/Linux, melainkan harus kita install terlebih dahulu, ketikan perintah dibawah ini untuk menginstall-nya :
$ sudo apt-get install youtube-dl
Jika sudah mengetikan perintah tersebut kemudian tekan tombol Enter pada keyboard dan masukan password root sobat, dan tunggu sampai proses install selesai. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah :


Jika sudah selesai proses install nya, tahap berikutnya sobat harus memutar video youtube dan play video yang akan di download. Lalu copy URL yang ada di URL bar seperti gambar di bawah ini :


Jika sudah di copy URL-nya silahkan buka terminal dengan menekan tombol CTRL + ALT + T pada keyboard, selanjutnya ketikan perintah :
$ youtube-dl  (paste url yang sudah di copy tadi dibelakang command tersebut)
Tunggu sampai video selesai di downlod, lebih lengkap nya bisa di lihat pada gambar di bawah ini :


Kalau sudah selesai di download sobat bisa langsung menikmati video yang sudah sobat download tadi. Mudah bukan ? silahkan dicoba, kalau ada pertanyaan silahkan sampaikan di kolom komentar dibawah ya sob, terimakasih dan semoga bermanfaat.

Baca juga : Install 4K Video Downloader di Ubuntu

Subscribe to receive free email updates: