Mempercantik Terminal di Linux Ubuntu 14.04

Hallo Sobat .. Gimana kabarnya ? saya harap semoga sehat selalu. Amin

Kali ini saya mau posting tutorial cara mempercantik terminal di linux ubuntu 14.04, kenapa ubuntu 14.04 ? karena saya kebetulan menggunakan OS ubuntu yang versi 14.04 LTS, cara ini juga seharusnya work di versi ubuntu yang lain tanpa ada hambatan.

Apa itu Terminal Linux ?

Terminal adalah command prompt atau shell pada OS berbasis GNU/Linux yang digunakan untuk mengoperasikan komputer menggunakan antarmuka baris perintah, kenapa harus menggunakan perintah kalau sekarang sudah tersedia GUI di OS berbasis GNU/Linux ? jawabanya karena mengoperasikan komputer melalui antarmuka baris perintah jauh lebih cepat dan efisien waktu ketimbang bekerja dengan GUI.

Terminal juga menjadi momok tersendiri bagi sebagian orang yang baru migrasi dari OS Windows ke OS berbasis GNU/Linux, sebagian orang beranggapan bahwa mengoperasikan komputer dengan antarmuka baris perintah sangat menyulitkan karena harus mengetahui perintah-perintah yang akan digunakan nya, jangan takut sob, sebetulnya sangat mudah sekali mengoperasikan komputer berbasis GNU/Linux dengan antarmuka baris perintah dan yang kita perlukan hanyalah "kebiasaan" saja.

Ya, apabila kita sudah terbiasa maka semua nya akan terasa mudah, right ? balik lagi ke topik pembahasan artikel kali ini, saya asumsikan sobat adalah linux user yang hoby berkutat di terminal ketika mengoperasikan komputer.

Waduh saya belum terbiasa pakai terminal linux sob, saya belum terlalu paham dengan perintah-perintah di terminal linux sob ! kalau begitu ada baiknya sobat mempelajari basic command line linux terlebih dahulu, tutorial nya sudah saya posting juga di blog ini silahkan klik link dibawah ini sob ..

Baca juga : Perintah-perintah dasar pada terminal linux

Cara Mempercantik Tampilan Terminal Linux

Agar lebih menyenangkan ketika kita bekerja atau mengoperasikan komputer dengan terminal linux, sobat bisa mempercantik tampilan terminal linux dengan menginstall software pihak ketiga seperti Screenfetch dan Archey, software ini berguna untuk menampilkan informasi berupa OS yang dipakai, versi kernel, CPU, RAM, resolusi layar, GTK theme, icon theme dan lain-lain.

Cara Install Screenfetch di Linux Ubuntu

Langsung saja cara install nya ikuti langkah-langkah dibawah ini :
Untuk install Screenfetch sobat buka terminal dengan menekan tombol CTRL+ALT+T pada keyboard dan ketikan perintah dibawah ini satu persatu.

$ wget https://raw.github.com/KittyKatt/screenFetch/master/screenfetch-dev
$ chmod +x screenfetch-dev
$ ./screenfetch-dev

Agar Screenfetch otomatis berjalan ketika kita membuka terminal, maka sobat harus masuk ke direktori /home kemudian tekan tombol CTRL + H untuk menampilkan file yang di hidden lalu buka file .bashrc dan tambahkan kalimat ./screenfetch-dev di akhir kalimat seperti gambar dibawah ini.


Jika sudah selesai silahkan di save, sekarang buka lagi terminal kesayangan sobat dan hasilnya akan terlihat seperti ini.


Cara Install Archey di Linux Ubuntu

Selain Screenfetch sobat bisa juga menggunakan Archey untuk mempercantik tampilan terminal linux, cara install-nya silahkan copy paste perintah dibawah ini ke terminal linux satu persatu.

$ sudo apt-get install lsb-release scrot 
$ wget http://github.com/downloads/djmelik/archey/archey-0.2.8.deb 
$ sudo dpkg -i archey-0.2.8.deb

Agar bisa otomatis muncul ketika kita membuka terminal caranya sobat masuk ke direktori /home dan cari file ./bashrc dengan cara tekan CTRL + H, buka file tersebut dan tambahkan "archey" tanpa tanda petik di baris paling bawah.


Oke, selesai sampai disini langkah-langkah cara install Screenfetch dan Archey untuk mempercantik tampilan terminal linux, baca juga tutorial Cara mempercantik terminal linux dengan figlet dan cowsay semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates: