Mengatur Brightness di Ubuntu 14.04 LTS Secara Permanen


Assalamu'alaikum wr.wb ..

Selamat siang sob, mumpung lagi sedikit nyantai di kantor saya mau share artikel tentang cara mengatur brightness/kecerahan di OS Ubuntu 14.04 LTS, sebenarnya sudah banyak sekali artikel yang membahas ini, tapi tak apalah untuk catatan pribadi saya juga sebetulnya.

Mengatur Brightness di Ubuntu 14.04 LTS Secara Permanen

Lho bukan nya mengatur tingkat kecerahan layar di Ubuntu 14.04 LTS itu sama saja dengan OS linux lain nya ya sob ? betul, tapi ada beberapa kasus ketika kita sudah men-set tingkat kecerahan layar nya yg sesuai dengan mata kita tapi setelah di restart dan di nyalakan lagi tingkat kecerahan nya kembali lagi ke angka 100% yang sangat tidak nyaman dan tidak aman juga untuk kesehatan mata kita.

Mungkin hampir semua user yang menggunakan OS Ubuntu pernah mengalami kejadian seperti ini yaitu ketika kita sudah mengatur tingkat kecerahan yang sesuai dan nyaman dengan mata kita tetapi begitu di restart PC/Laptop nya maka tingkat kecerahan akan kembali seperti semula atau kembali ke tingkat kecerahan 100 %, lalu bagaimana cara mengatasi nya agar kita bisa men-set kecerahan nya secara permanen ? monggo lanjutkan baca artikel nya sob.

Sebenarnya hal ini tidak mempengaruhi performa komputasi kita tapi kalau setiap kita menyalakan PC/Laptop dan harus mengatur ulang kecerahan nya tentu sangat menjengkelkan bukan?

Cara Mengatur Tingkat Kecerahan Layar di Ubuntu 14.04 LTS

Cara mengatur tingkat kecerahan layar di Ubuntu 14.04 LTS ini cukup mudah sebetulnya, yang perlu kita lakukan hanya menginstall xbacklight kemudian mengatur tingkat kecerahan nya saja sesuai dengan yang kita inginkan, berikut proses install dan juga mengatur tingkat kecerahan layar nya.

Oke sob, langsung aja yah ikuti step step-nya di bawah ini, sobat harus sudah familiar dengan penggunaan syntax atau command di terminal linux khususnya ubuntu. Buka terminal kesayangan sobat dengan cara tekan tombol CTRL + ALT + T di keyboard dan masukan perintah di bawah ini satu persatu :
$ sudo apt-get install xbacklight
$ sudo gnome-session-properties    
Setelah itu akan muncul jendela Startup Aplication dan klik tombol Add lalu isikan parameter sebagai berikut sob :

Name           : Brightness
Command   : xbacklight -set 40
Comment    : Brightness

Note : xbacklight -set 40, angka 40 ini bisa kita sesuaikan dengan tingkat kecerahan layar yang sesuai dengan keinginan.

Kalau sudah silahkan klik Save dan close jendela Startup Aplication nya.


Masih bermain dengan terminal kesayangan sobat, untuk menerapkan konfigurasi yang sudah di buat silahkan restart PC sobat dengan mengetikkan perintah :
$ sudo reboot 
Sekarang silahkan check seharusnya setingan sobat sudah berhasil dieksekusi oleh system dan berjalan dengan baik, oh iya cara ini bisa diterapkan untuk mengatur tingkat kecerahan di linux mint juga yah sob, selamat mencoba :-)

Subscribe to receive free email updates: