Remote Router Mikrotik dengan SSH di Ubuntu

Secara default router mikrotik sendiri memiliki port service yang sudah open, melalui port service ini kita bisa me-remote router mikrotik dan kemudian mengkonfigurasi nya, router mikrotik sendiri bisa kita remote melalui aplikasi winbox, ssh, telnet, ftp bahkan melalui webfig atau remote via web browser, untuk penjelasan lebih detail mengenai service-service pada router mikrotik sendiri sudah saya posting di artikel sebelumnya yang berjudul mengenal service telnet pada router mikrotik.

Remote Router Mikrotik dengan SSH di Ubuntu
Image taken from : www.pixabay.com

Sesuai dengan judul artikel, kali ini saya akan membahas cara remote router mikrotik dengan ssh client di ubuntu, kalau di windows untuk melakukan ssh client kita bisa menggunakan tools ssh seperti PuTTY, SecureCRT atau tools ssh client lain nya. Lalu bagaimana kalau kita menggunakan linux terutama ubuntu apakah bisa menggunakan tools ssh seperti PuTTY atau SecureCRT seperti yang bisa dilakukan di OS Windows ?

Jawabannya bisa, hanya saja kita harus install program wine terlebih dahulu agar bisa menjalankan tools client seperti SecureCRT di linux ubuntu karena software tersebut berekstensi *.exe, tapi tentu saja hal itu sangat merepotkan. Tidak seperti OS Windows, di linux sebenarnya sudah tersedia tools untuk telnet client dan ssh client yang bisa kita manfaatkan.

Update !!!
Sekarang software ssh dan telnet client PuTTY sudah bisa di install di OS berbasis GNU/Linux tanpa harus menginstall wine terlebih dahulu, kita hanya perlu mengetikkan perintah sudo apt-get install putty dan software PuTTY pun sudah bisa kita jalankan.

Hampir semua linux user selalu menggunakan terminal linux ketika bekerja ataupun melakukan kegiatan komputasi, karena alasan itulah akan lebih praktis dan simple kalau kita melakukan remote router mikrotik via ssh maupun telnet langsung dari terminal linux saja dan tidak perlu membuka software ssh dan telnet client seperti PuTTY misalnya.

Cara Remote Router Mikrotik via SSH di Ubuntu

Kalau sobat hendak me-remote router mikrotik maupun server, cara nya sangat mudah sekali sob, bagaimana caranya ? Let's check it out..

Buka terminal linux ubuntu kesayangan sobat dengan cara menekan tombol kombinasi CTRL+ALT+T di keyboard dan ketikan format perintah dibawah ini :
$ ssh username@IP
Cara ini berfungsi jika router mikrotik masih menggunakan default port 22, contoh :
$ ssh dodi@172.30.0.32 (tekan enter dan masukan password mikrotik sobat)

Lalu bagaimana kalau port ssh di router mikrotik kita sudah dirubah dan tidak menggunakan default port 22 ? maka perintah yang digunakan pun tentunya berbeda, contoh port 22 kita ganti dengan port 2244. Sobat harus mengetikan perintah dengan format :
$ ssh -l username IP -p 2244
Contoh :
$ ssh -l dodi 172.30.0.32 -p 2244 (tekan enter dan masukan password mikrotik)

Kalau password sudah di masukan dengan benar maka hasilnya sobat sudah bisa login ke mikrotik dengan menggunakan ssh client di ubuntu.


Kesimpulan


Meskipun router mikrotik bisa kita remote menggunakan software utility winbox yang sangat memudahkan sekali, tapi dengan ssh kita bisa me-remote dan mengkonfigurasi router mikrotik dengan lebih cepat, efisien dan hemat waktu karena kita hanya tinggal mengetikkan baris perintah saja tanpa harus klak klik mouse.

Baca juga :
Cara install winbox di GNU/Linux tanpa wine

Selain ssh kita juga bisa mengkonfigurasi router mikrotik menggunakan antarmuka baris perintah dengan telnet, tapi saya tidak merekomendasikan nya karena protokol telnet adalah protokol yang tidak secure karena koneksi yang terjadi tidak diamankan dengan enskripsi sehingga mudah sekali di sniffing dan di sadap.

Ok sob saya rasa cukup sampai disini artikel tentang cara remote router mikrotik dengan ssh client di ubuntu, untuk artikel yang lainnya akan saya posting di lain waktu, semoga bermanfaat :-)

Subscribe to receive free email updates: