Basic Setting AP EnGenius EAP600

Selamat sore sobat Venturaz's Blog, sore-sore begini bingung nih mau ngapain, daripada bengong mending nulis dan share artikel aja deh ..


Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial cara setting AP EnGenius EAP600, kenapa harus EnGenius yang di bahas ? karena AP yang satu ini menurut penulis memiliki performa yang baik, dengan teknologi Wireless-N access point ini bisa menghantarkan data rate sampai 300Mbps dan sudah support dual band yaitu di frequecny 2.4 Ghz dan 5 Ghz.

Basic Setting AP EnGenius EAP600
Ilustration image taken from Google Images


Jadi sangat cocok bagi sobat yang punya rumah besar dan menginginkan setiap sudut rumah tercover oleh sinyal wifi agar bisa lancar internet-an.

Saya asumsikan sobat sudah punya router dengan fitur dhcp enable dibelakang AP EnGenius EAP600 ini sebagai penyebar dhcp dan juga sebagai management bandwidth, karena yang akan saya bahas ini AP yang secara default tidak memiliki fitur dhcp server, sebelum saya jelaskan dari awal sampai akhir step step konfigurasi nya ada baiknya kita simak kelebihan dari AP EnGenius EAP600 ini.

Kelebihan AP EnGenius EAP600

Sebelum kita membahas cara konfigurasi perangkat ini lebih lanjut ada baiknya sobat mengetahui kelebihan dan fitur yang terdapat pada access point ini, berikut spesifikasi nya secara umum :

  • Mengadopsi teknologi Wireless-N Long Range yang mampu mencover 3 lantai sekaligus (pengalaman pribadi)
  • Support Dual Band frequency 2.4 Ghz & 5 Ghz
  • Bisa menghantarkan data rate upto 300Mbps
  • Wireless Security WPA2 dengan encryption AES
  • Memiliki Web Based sebagai default interface, dan
  • Cukup mudah di konfigurasi
     

Cara Setting AP EnGenius EAP600

Sudah tahu kan kelebihan nya apa saja ? kalau sudah tahu langsung saja kita lanjut ke tahap konfigurasinya, pertama koneksikan laptop kita ke AP EnGenius EAP600 via wifi atau kabel LAN kemudian setting IP address di laptop dengan subnet yang sama dengan access point, lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya.

Basic Setting AP EnGenius EAP600

Kemudian akses IP address 192.168.1.1 di URL bar browser dan masukan default username & password "admin" tanpa tanda petik kemudian klik tombol Login.

Basic Setting AP EnGenius EAP600

Kalau sudah masuk ke halaman konfigurasi silahkan klik menu Operation Mode, disini kita bisa merubah Device Name sesuai dengan identitas AP-nya, karena kita akan seting sebagai access point di opsi Operation Mode nya pilih Access Point saja.

Basic Setting AP EnGenius EAP600

Agar access point kita bisa di akses dengan IP yang sudah di tentukan silahkan masuk ke menu IP Setting, centang pada opsi Specify an IP address kemudian masukan IP address yang di kehendaki, sebagai contoh bisa dilihat pada gambar di bawah, kalau sudah di set IP nya klik tombol Accept untuk menyimpan.

Basic Setting AP EnGenius EAP600

Selanjutnya kita harus ganti SSID dan password wifi-nya dengan meng-klik menu Wireless Network dan klik tombol Edit, secara otomatis akan muncul jendela baru.

Basic Setting AP EnGenius EAP600

Pada jendela baru yang muncul ini kita bisa mengganti SSID dan password yang sesuai dengan kebutuhan, berikut parameter yang harus di seting.
SSID = Isi dengan Wireless Network Name yang di inginkan
Station Separation = Enable
Security Mode = WPA2-PSK
Encryption = TKIP & AES
Passphrase = Isi password yang nantinya akan digunakan ketika konek ke wifi
Klik save kalau sudah selesai kemudian klik tombol Accept untuk menyimpan perubahan. Pada contoh ini saya hanya setting SSID untuk frequency 5Ghz Wireless saja, kalau sobat ingin setting SSID untuk frequency 2.4Ghz Wireless cara nya sama saja koq.

Basic Setting AP EnGenius EAP600

Jangan lupa kita harus ganti default username dan password untuk masuk ke halaman konfigurasi AP-nya agar tidak sembarangan orang bisa merubah semua konfigurasi yang telah dibuat, cara-nya klik menu Administration dan isi parameter berikut :
New Name = Isi dengan username yang baru
Old Password = Masukan password sebelumnya
New Password = Masukan password baru yang akan dibuat
Confirm Password = Masukan sekali lagi password baru untuk mengkonfirmasi
Klik Save/Apply untuk menyimpan konfigurasi.

Basic Setting AP EnGenius EAP600

Setelah semua selasai langkah terakhir kita harus menyimpan semua konfigurasi yang telah kita buat tadi, klik menu Save/Reload:27 dan klik tombol Save & Apply, tunggu proses selesai sampai 100 % dan access point sudah bisa terhubung ke internet dengan baik.

Basic Setting AP EnGenius EAP600

Kesimpulan

Sampai disini semua konfigurasi dasar AP EnGenius EAP600 sudah selesai, sobat tinggal mengkoneksikan laptop atau device lain ke SSID AP nya & seharusnya sudah berhasil terkoneksi dengan baik.

Tutorial selanjutnya mengenai seting multi ssid dan vlan akan saya posting di artikel berikutnya. So, please keep visiting this blog for more article. See you next time :-)

Baca juga :
Konfigurasi dasar router cisco linksys smart wifi
Setting multiple SSID dan VLAN di AP EnGenius EAP600

Subscribe to receive free email updates: