Basic Setting Router Cisco Linksys Smart Wifi

Pada artikel sebelumnya saya pernah posting tutorial Cara konfigurasi router cicso linksys e1200, sekarang saya akan memposting tutorial konfigurasi wireless router cisco linksys smart wifi. Lalu apa bedanya ? 

Nah, bedanya di artikel ini saya akan sedikit me-review sekaligus memberikan tutorial basic setting dari router yang satu ini karena router yang saya gunakan pada tutorial kali ini yaitu Linksys Smart Wifi EA6200 yang memiliki tampilan interface firmware yang berbeda dari cisco linksys pada umumnya.

Basic Setting Router Cisco Linksys Smart Wifi
Image taken from : www.linksys.com

Router jenis ini menurut saya salah satu router dengan performa yang cukup baik, karena sudah support dual band yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan sobat dirumah sekaligus sudah dibekali dengan teknologi wireless terbaru yaitu Wireless-AC, Wireless-AC  bisa berjalan di frequency 5 Ghz akan memberikan performa yang optimal karena bisa menghantarkan bandwidth yang cukup besar.

Kelebihan dari Linksys Smart Wifi EA6200

Sebelum sobat memutuskan membeli dan menggunakan router ini untuk keperluan baik dirumah maupun small office ada baiknya sobat mengetahui kelebihan nya dulu, berikut gambaran secara umum kelebihan dari router Cisco Linksys EA6200 :

  • Support Dual Band 2.4 Ghz & 5 Ghz
  • Mengadopsi teknologi terbaru Wireless-AC
  • Support WPA2 Wireless Security
  • 4x Gbps Port Ethernet
  • Port USB 3.0 
  • DLNA

Cara Konfigurasi Router Cisco Linksys EA6200

Kalau sobat mau setting router yang satu ini pastikan PC atau Laptop sobat sudah terkoneksi dengan baik ke router, secara default router cisco linksys ini sudah enable fitur dhcp server, jadi begitu kita koneksikan ke laptop maka akan otomatis dapat IP dari router tanpa harus setting manual.

Langkah pertama, akses IP address 192.168.1.1 di URL bar browser, lalu masukan password "admin" tanpa tanda petik.

Basic Setting Router Cisco Linksys Smart Wifi

Kalau sudah masuk klik menu Connectivity dan klik tab Internet Setting, sebagai contoh masukan parameter IP address sebagai berikut :
Connection type = Static IP
Internet IPv4 address = 172.20.0.228
Subnet mask = 255.255.255.0
Default gateway = 172.20.0.1
DNS 1 = 203.128.86.35
DNS 2 = 103.30.86.36
Sobat bisa mengganti parameter di atas dengan IP address sobat sendiri, silahkan klik OK untuk menyimpan.

Note : pada contoh tutorial ini untuk internet connection type nya saya menggunakan Static IP dengan memasukkan IP address yang saya dapatkan dari pihak provider.

Basic Setting Router Cisco Linksys Smart Wifi

Kalau sobat mau setting IP address untuk jaringan lokal tinggal klik tab Local Network, pada tahap ini sobat bisa mengatur range ip address yang akan diberikan kepada user, jumlah device yang bisa terkoneksi dan DNS server, kalau sudah silahkan klik OK.

Untuk lebih jelas nya silahkan lihat contoh gambar dibawah.

Basic Setting Router Cisco Linksys Smart Wifi

Tahap berikutnya kita harus men-setting SSID & Security key agar orang lain tidak bisa sembarangan konek ke wifi yang ada di jaringan kita.

Masih di menu Connectivity, selanjutnya klik tab Basic dan ganti SSID serta password sesuai keinginan, jangan lupa juga ganti default Router Password agar tidak ada orang lain yang bisa masuk ke dalam konfigurasi router dan mengacak-acak setingan router yang sudah sobat buat sebelumnya, klik OK kalau sudah selesai.

Basic Setting Router Cisco Linksys Smart Wifi

Untuk pengaturan wifi advanced sobat bisa masuk ke menu Wireless, di menu ini sobat bisa menentukan Security mode, Channel, Frequency, Mac Filtering dan juga WPS (Wifi Protected Setup).

Basic Setting Router Cisco Linksys Smart Wifi

Setelah semua selesai di konfigurasi selanjutnya silahkan kembali ke menu utama, sobat bisa melihat pada bagian Network Status sudah terkoneksi ke internet, sampai disini router wifi sobat sudah siap terkoneksi ke internet dan digunakan.

Basic Setting Router Cisco Linksys Smart Wifi

Klik menu Device List untuk melihat device mana saja yang terkoneksi ke wifi, di menu ini bisa di ketahui status dari device yang pernah konek ke wifi kita sedang offline atau online.

Basic Setting Router Cisco Linksys Smart Wifi

Kesimpulan

Selesai sudah step by step cara konfigurasi router cisco linksys ea6200 smart wifi, semoga artikel sederhana ini bisa membantu sobat yang baru belajar konfigurasi wireless router maupun sobat yang tertarik dengan ilmu networking, mohon maaf kalau ada kesalahan dalam penulisan silahkan koreksi nya di kolom komentar, terimakasih.

Baca juga :
Konfigurasi dasar wireless range extender
Cara konfigurasi dasar AP EnGenius EAP600
Cara konfigurasi wireless router ASUS RT-N12

Subscribe to receive free email updates: