Basic Setting Wireless Range Extender

Artikel kali ini sebenarnya lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu Basic Setting Router Cisco Linksys Smart Wifi, di artikel ini saya akan coba jabarkan step by step konfigurasi Wireless Range Extender Linksys RE2000.

Pengertian Range Extender

Apa itu Range Extender ? Range Extender atau yang biasa di sebut Repeater Range Extender merupakan alat yang bisa kita gunakan untuk memperkuat jangkauan sinyal wifi, secara harfiah kata Repeat artinya mengulang dan Range Extend artinya memperluas jangkauan. Jadi bisa di simpulkan bahwa Repeater Range Extender akan mengulang / menangkap sinyal dari wireless router dan menyebarkan nya lagi ke user yang mendapat sinyal lemah dari wireless router.

Cara Kerja Range Extender

Cara kerja dari alat ini sebenarnya simple, kita hanya perlu konfigurasi terlebih dahulu agar Repeater Range Extender connect ke wireless router utama dengan syarat minimal range extender menangkap sinyal dengan kekuatan 1 bar semakin besar kekuatan sinyal yang di tangkap tentunya akan semakin baik, setelah berhasil connect ke wireless router utama range extender akan memancarkan kembali dan menyebarkan sinyal ke end user. 

Kurang lebih tolology nya seperti ini.

Basic Setting Wireless Range Extender
Image taken from : www.linksys.com


Cara Setting Range Extender

Kalau sudah paham pengertian nya sekarang silahkan simak tutorial konfigurasinya, pertama kita harus terhubung ke range extender nya dulu bisa via wifi atau dengan kabel LAN, agar lebih mudah saya sarankan menggunakan kabel LAN saja.

Secara default Range Extender Linksys RE2000 bisa kita akses dengan mengetikan IP 192.168.1.1 dari URL bar browser kita, masukan default usernama dan password "admin" tanpa tanda petik.

Basic Setting Wireless Range Extender

Pada contoh ini saya menggunakan Static IP agar range extender bisa kita akses dengan IP yang sudah kita tentukan sebelumnya, di tab Basic Setup ganti option Extender IP address ke Static IP dan masukan IP address, netmask, default gateway dan DNS nya sesuai yang kita inginkan, lebih jelasnya silahkan lihat di gambar di bawah.

Basic Setting Wireless Range Extender
Setelah menentukan IP nya, kita masuk ke tab Wireless dan klik menu Site Survey, tunggu beberapa detik sampai range extender selesai men-scan SSID dari Wireless Router utama dan kalau sudah muncul SSID nya klik select kemudian klik Connect.

Basic Setting Wireless Range Extender

Kita akan diminta memasukan password, silahkan masukan password dari SSID yang kita konek di kolom Passphrase, kemudian klik tombol Connect sekali lagi.

Basic Setting Wireless Range Extender

SSID dan Password range extender bisa kita samakan dan bisa juga kita bedakan dengan wireless router utama, klik menu Basic Wireless Setting kalau sobat ingin merubahnya.

Basic Setting Wireless Range Extender

Klik tab Status untuk melihat status IP address, versi firmware yang digunakan dan juga Mac Address dari range extender nya.

Basic Setting Wireless Range Extender

Kesimpulan

Sekarang silahkan check lagi sinyal wifi-nya, kalau konfigurasi nya sudah benar seharusnya sinyal wifi nya akan penuh. Selesai sudah tutorial Basic Setting Wireless Range Extender, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: