Konfigurasi IP Address via CMD di Windows

Selamat malam sobat venturaz's blog, sudah malam begini mata belum bisa di ajak tidur, biar gak suntuk nulis blog aja deh ..

Konfigurasi IP Address via CMD di Windows
Image source : http://dzulfaqar.com/

Pengertian IP Address

Kali ini saya akan memposting tutorial cara konfigurasi IP address via CMD di windows, apa itu IP address ? IP address adalah alamat IP (internet protocol) pada sebuah komputer yang terdiri dari deretan angka biner antara 32 bit sampai dengan 128 bit yang digunakan sebagai alamat identifikasi agar komputer yang satu dengan yang lain nya bisa saling berkomunikasi dalam sebuah jaringan.

Untuk IPv4 atau IP versi 4 memiliki panjang angka 32 bit, sedangkan untuk IPv6 atau IP versi 6 memiliki panjang 128 bit yang menunjukkan alamat IP dari komputer tersebut pada jaringan internet berbasis TCP/IP.

Cara Konfigurasi IP Address via CMD di OS Windows

Setelah mengetahui apa itu IP address, mari kita lanjutkan pembahasan tutorial ini yaitu tentang cara mengkonfigurasi IP address via CMD pada OS Windows.

Pernahkah sobat konfigurasi IP address di OS Windows ? kalau setting IP address dengan cara klak klik mouse mungkin sudah biasa, tapi bagaimana kalau melakukan nya melalui CMD yang ada di OS Windows sobat ? 

Pertanyaan nya adalah kenapa harus melalui CMD dan repot-repot mengetikan syntax & yang lain nya ? bukankah Windows adalah OS yang berbasis GUI dan tinggal klak klik mouse saja ? memang betul sob, tapi bagi sobat yang ingin cara mudah dan cepat memang konfigurasi melaui CMD akan dirasa lebih efisien, karena kita tidak perlu membuka banyak jendela dan hanya perlu mengetikan perintah melalui command prompt saja.

Baca juga : Cara menghapus profile wifi di OS Windows 8

Pertama, klik start button kemudian ketik CMD dan klik kanan pilih run as administrator. Kalau jendela cmd sudah terbuka silahkan ketikkan perintah dengan format seperti berikut.
netsh interface ip set address name="Interface_Ethernet" static IP_Address [space] Subnet_mask [space] Gateway
Contoh :
netsh interface ip set address name="Local Area Connection 2" static 192.168.200.14 255.255.255.0 192.168.200.1
Untuk set DNS server nya ketikan perintah seperti berikut.
netsh interface ip set dnsserver name="Local Area Connection 2" static 203.128.86.35
Konfigurasi IP Address via CMD di Windows

Kalau sobat mau set IP secara dynamic atau DHPC silahkan ketikkan perintah berikut di jendela CMD.
netsh interface ip set address name="Interface_Ethernet" source=dhcp
Contoh :
netsh interface ip set address name="Local Area Connection 2" source=dhcp
Berikut syntax untuk set DNS dynamic nya.
netsh ip set dnsservers name="Local Area Connection 2" source=dhcp
Konfigurasi IP Address via CMD di Windows

Silahkan sobat coba dan praktekkan sendiri, mohon maaf kalau pembahasan yang kurang bisa di pahami, kalau ada yang perlu ditanyakan silahkan tulis pertanyaan sobat di kolom komentar, sekian tutorial nya semoga bisa membantu dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: