Mempercantik Terminal dengan Figlet dan Cowsay

Linux is Fun ! Itulah kata yang pantas di ucapkan ketika kita menggunakan system operasi yang satu ini, banyak hal unik yang bisa kita lakukan bahkan hanya dengan bermain-main di console terminal sekalipun, sebelumnya saya pernah posting artikel tentang Cara mempercantik terminal di linux ubuntu 14.04. Nah artikel saya yang satu ini juga masih membahas tentang mempercantik terminal di linux, namun beda nya kali ini bukan mengenai install screenfetch atau archey di linux tapi install Figlet dan Cowsay.

Apa itu Figlet dan Cowsay ?

Apa itu figlet dan cowsay ? figlet adalah sebuah program yang bisa menampilkan tulisan berbentuk ASCII pada terminal linux, sedangkan cowsay adalah program yang bisa menampilkan karakter hewan dalam format ASCII pada terminal linux.

Secara umum kedua nya berfungsi untuk mempercantik terminal linux agar terlihat lebih keren dan mengesankan, bahkan dengan kombinasi figlet dan cowsay kita bisa menampilkan karakter berbentuk hewan dan juga tulisan dalam format ASCII di terminal linux secara bersamaan.

Kalau sobat penasaran, silahkan lihat dulu contoh screenshoot nya di bawah.


Gambar diatas adalah contoh output dari cowsay, sedangkan gambar dibawah adalah contoh output dari perintah figlet yang dijalankan di terminal linux.


Cara Install Figlet dan Cowsay di Linux Ubuntu

Bagaimana, menarik bukan ? Agar sobat bisa menggunakan figlet dan cowsay silahkan ketikan perintah berikut untuk menginstall-nya melalui terminal.
$ sudo apt-get install figlet 
$ sudo apt-get install fortune cowsay
Setelah berhasil di install kita harus mengedit file ./bashrc yang terdapat di direktori $HOME agar ketika kita membuka terminal figlet dan cowsay otomatis muncul.
$ sudo gedit .bashrc
Kalau file .bashrc sudah terbuka tambahkan script berikut di baris paling bawah
cowsay -f dragon "UBUNTU | Linux For Human Being"
figlet -f shadow "Dodi venturaz"

Keterangan :
-f  = font
dragon  = gambar yang akan di tampilkan
shadow = jenis font yang di tampilkan

Kalau sudah di tambahkan save dan close file .bashrc nya, silahkan buka kembali terminal sobat dan hasilnya akan terlihat seperti ini.


Sampai tahap ini terminal linux sobat sudah berhasil di install dan di kustomisasi dengan figlet dan cowsay, banyak pilihan gambar dan font yang tersedia, sobat bisa melihat nya di directory cowsay dan figlet.

Untuk melihat pilihan font (figlet) yang tersedia sobat bisa melihatnya di directory :
$ cd /usr/share/figlet/
Sedangkan, untuk melihat gambar (cowsay) yang ada bisa di lihat di directory :
$ cd /usr/share/cowsay/cows/
Berikut contoh gambar cowsay lain yang bisa sobat gunakan.



Cukup sampai disini tutorial nya sob, silahkan sobat berkreasi dan eksplorasi sendiri agar sobat bisa semakin betah bermain-main dengan terminal linux sobat, mohon maaf kalau ada kesalahan penulisan kata, semoga bisa membantu sobat yang suka ngoprek linux. salam open source :-)

Baca juga artikel menarik lainnya sob di link berikut :
Cara mempercantik terminal linux minta rafaela
Cara menulis teks menjadi gambar ASCII di terminal linux
Cara mempercantik terminal linux dengan screenfetch dan archey

Subscribe to receive free email updates: