Menampilkan Compliance Test di Firmware Ubiquity


Pengertian Compliance Test Pada Firmware Radio Ubiquity

Apa itu Compliance Test ? Compliance Test adalah pilihan country pada firmware radio ubiquity dengan versi XM-v5.5.6 kebawah, keuntungan kalau kita memilih country compliance test yaitu bisa menggunakan semua frequency yang ada pada radio ubiquity sehingga memudahkan kita untuk menentukan frequency yang cocok.

Menampilkan Compliance Test di Firmware Ubiquity

Namun, karena alasan regulasi penggunaan frequency yang ada di indonesia akhirnya untuk airOS versi XM-v5.5.8 keatas sudah tidak di munculkan lagi pilihan country compliance test ini sehingga kita harus memilih country indonesia yang jumlah frequency nya sangat sedikit.

Kerugian Tidak Menggunakan Compliance Test

Untuk versi airOS XM-v5.5.8 keatas pihak ubiquity sudah tidak munculkan lagi opsi country compliance test ketika kita men-setup radio ubiquity yang akan kita gunakan, memang pengaruhnya apa sih sob ? seperti yg sudah saya sebutkan diatas, setiap negara di dunia memiliki regulasi atau aturan yang mengatur penggunaan frequency radio sehingga kita tidak bisa sembarangan menggunakan frequency wireless radio.

Sebetulnya regulasi yang dibuat oleh pemerintah bertujuan baik yaitu untuk mengurangi penyalahgunaan frequency, tapi bagi kita sebagai pegiat internet atau kalau sobat kebetulan adalah seorang pengusaha RT/RW net tentu dengan tidak adanya opsi compliance test ini akan menyulitkan ketika link radio mengalami interferensi, karena kalau kita memilih country Indonesia maka jumlah frequency yg bisa kita pakai jumlah nya sangat sedikit.

Untuk itu lebih baik sobat memunculkan opsi compliance test nya saja agar ketika link radio mengalami interferensi maka kita bisa leluasa mengubah frequency yg sesuai.

Cara Memunculkan Opsi Compliance Test Pada Radio Ubiquity

Setelah mengetahui pengertian, kerugian dan keuntungan menggunakan country compliance test, sekarang kita mulai saja praktek nya agar sobat bisa mengcrack dan bisa memunculkan opsi compliance test pada radio ubiquity.

Cara nya pun sangat mudah, silahkan baca tutorial ini sampai selesai sebelum sobat mempraktekan nya, pastikan sobat sudah punya software untuk remote ssh seperti SecureCRT atau PuTTY, disini saya menggunakan airOS XM-v5.5.10 pada radio yang saya gunakan. langsung saja ikuti step step nya.
Pertama, pastikan radio sudah terhubung ke laptop dan set IP static di laptop sobat seperti gambar dibawah ini. 

Menampilkan Compliance Test di Firmware Ubiquity


Akses IP radio nya yaitu 192.168.1.20 di URL bar browser, kalau belum di crack pilihan compliance test pada kolom country tidak akan muncul seperti gambar dibawah.

Menampilkan Compliance Test di Firmware Ubiquity

Saya sarankan sobat jangan dulu login ke halaman konfigurasi radio nya, selanjutnya buka aplikasi tools ssh client PuTTY dan akses IP 192.168.1.20 dengan port 22, masukan username & password "ubnt" tanpa tanda petik.

Menampilkan Compliance Test di Firmware Ubiquity

Untuk memunculkan Compliance Test pada Firmware XM-v5.5.8, gunakan perintah berikut :
echo “radartool cactime 1000″ > /etc/persistent/rc.poststart
echo “echo ‘
atau dengan perintah ini
\n’ >> /etc/ccodes.inc” >> /etc/persistent/rc.poststart
chmod +x /etc/persistent/rc.poststart
cfgmtd -w -p /etc/
reboot

Tapi kalau sobat menggunakan firmware XM-v5.5.10 silahkan masukan perintah dibawah ini satu persatu :
# touch /etc/persistent/ct
# save
# reboot

Menampilkan Compliance Test di Firmware Ubiquity

Sekarang sobat bisa akses kembali radio nya, kalau cara tersebut berhasil maka pilihan compliance test akan muncul seperti ini ketika pertama kali akan men-setup radio ubiquity nya.

Menampilkan Compliance Test di Firmware Ubiquity

Sampai tahap ini kita sudah berhasil memunculkan country compliance test agar kita bisa menggunakan semua frequency dan menentukan frequency yang cocok, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: