Menampilkan Teks Warna Pelangi dengan Lolcat di Linux

Linux adalah system operasi yang tidak bisa lepas dari command line interface (CLI), hampir semua pekerjaan yang biasa kita lakukan dengan GUI bisa juga di selesaikan hanya dengan CLI, mulai dari melihat isi dari sebuah direktori, membuat direktori, menghapus direktori, menghapus file, memindahkan file, copy paste file,  download file dari internet, install dan uninstall paket software bahkan kebutuhan multimedia seperti memutar musik pun bisa kita jalankan melalui terminal linux dengan command line interface (CLI).

Jadi tidak heran dengan membuka terminal linux kita mempunyai kemampuan super user yang memegang semua kendali pada system operasi linux, apa sobat berfikir linux itu membosankan ? eiittss .. coba dulu sobat bereksplorasi dengan terminal linux kesayangan.

Adakala-nya kita sebagai pengguna GNU/Linux merasa bosan dengan output yang ditampilkan pada terminal linux yang hanya itu itu saja, karena saya pun sering merasa seperti itu. Tapi jangan berkecil hati sob, karena seperti yang sudah saya bahas diatas semua pekerjaan bisa kita lakukan melalui terminal linux dengan CLI, termasuk mempercantik dan memodifikasi output yang ditampilkan dari perintah-perintah yang kita ketik.

Cara Install Lolcat di Linux

Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara install software Lolcat dan penggunaan nya di terminal linux.

Apa itu Lolcat ? sejenis serangga seperti Tomcat kah ? tentu saja bukan sob, lolcat sebenarnya mirip dengan perintah cat yang digunakan untuk menampilkan isi dari sebuah file melalui terminal linux, tapi yang membedakan keduanya adalah hasil akhir dari perintah lolcat yang berwarna warni seperti pelangi.

Warna - warni kaya pelangi ? lho kok bisa ? gimana caranya? jelas bisa sob dan untuk cara nya silahkan baca sampai selesai postingan ini sob.

Pertama install dulu ruby, buka terminal dan ketikan perintah ini.
$ sudo apt-get install ruby
Kemudian install lolcat dengan gem
$ sudo gem install lolcat


Cara Menggunakan Lolcat di Linux

Kalau sudah berhasil di install, berikut cara penggunaan dari perintah Lolcat sob.

A. Menampilkan option dari perintah lolcat, ketikan command dibawah
$ lolcat -h
Berikut output yang ditampilkan dari perintah lolcat -h seperti diatas.


B. Menampilkan isi dari sebuah file teks, ketikkan perintah lolcat dengan format seperti ini.
$ lolcat nama_file.txt
Contoh saya ingin menampilkan isi dari sebuah file lirik lagu yang berekstensi .txt 
$ lolcat lirik-lagu.txt

C. Menampilkan isi dari sebuah folder dengan output lolcat menggunakan pipe (|)
$ ls -l lolcat Downloads/Folder/ | lolcat
Berikut contoh output yang ditampilkan ketika mengetikkan gabungan perintah ls dan lolcat.


D. Menampilkan file dengan efek pelangi berkedip-kedip
$ echo "dodiventuraz.blogspot.com" | lolcat -a -d 3500

Oke sampai disini dulu tutorialnya sob, menarik bukan ? meskipun bukan sesuai yang harus sobat pelajari ketika menggunakan OS berbasis GNU/Linux, tapi setidaknya kita bisa melakukan hal-hal unik melalui terminal linux yang tentu saja tidak bisa dilakukan kalau sobat menggunakan OS tetangga sebelah. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Menulis teks menjadi gambar ASCII di terminal linux


Source references :
http://kabarlinux.web.id/2015/lolcat-nuansa-pelangi-di-command-line-linux/

Subscribe to receive free email updates: