Mengaktifkan Flash Player Plugins di Chrome Browser Linux

Sejarah dan Penjelasan Adobe Flash Player

Menurut wikipedia, Adobe Flash Player adalah perangkat lunak freeware untuk menggunakan konten yang dibuat pada platform Adobe Flash, termasuk melihat multimedia, mengeksekusi aplikasi Internet yang kaya, dan streaming video serta audio. Flash Player dapat dijalankan dari web browser sebagai browser plug-in atau pada perangkat seluler yang didukung.

Mengaktifkan Flash Player Plugins di Chrome Browser Linux

Flash Player dibuat oleh Macromedia dan telah dikembangkan dan didistribusikan oleh Adobe Systems sejak Adobe mengakuisisi Macromedia.

Flash Player didistribusikan secara gratis dan versi plug-in yang tersedia bagi setiap web browser utama dan system operasi komputer. Google Chrome sendiri dibundel dengan sandboxed Adobe Flash plug-in, kemudian windows 8 datang dengan flash player yang sudah terintegrasi pada web browser Internet Explorer (IE) dan Edge.

Flash Player menjalankan file SWF yang dapat dibuat oleh alat authoring Adobe Animate, dengan Adobe Flash Builder atau dengan alat pihak ketiga seperti FlashDevelop. Flash Player mendukung vektor dan raster grafis, grafis 3D, bahasa scripting tertanam disebut ActionScript, dan streaming video & audio. ActionScript ini didasarkan pada ECMAScript, serta mendukung kode berorientasi obyek, dan mirip dengan JavaScript.

Adobe Sudah Tidak Support Chrome Browser di Linux

Bagi sobat pengguna linux seperti linux ubuntu yang juga kebetulan pengguna browser chrome / chromium - browser mungkin akan sedikit kecewa karena sekarang adobe memutuskan untuk mencabut dukungan flash player di chromium browser linux, ini juga yang saya alami ketika baru menggunakan chrome / chromium browser di linux sehingga ketika membuka website yang mengharuskan mengaktifkan plugins flash player saya harus mengakses nya dari mozilla firefox, sudah beberapa kali saya install flash player tapi tetap saja chromium browser saya tidak bisa membuka konten yang menggunakan plugins flash player.

Sampai akhir nya saya browsing dan menemukan cara untuk mengaktifkan plugins flash player di linux ubuntu saya, metode ini bisa digunakan baik di ubuntu maupun distro turunannya seperti Elementary OS Freya, dan akan saya share tutorial nya di artikel ini.

Cara Install Flash Player di Chrome Browser Ubuntu

Silahkan buka aplikasi Ubuntu Software Center dan ketikan "Pepper Flash Player" tanpa tanda petik, klik Install dan masukan password super user atau password root.

Mengaktifkan Flash Player Plugins di Chrome Browser Linux

Kalau sadah berhasil di install restart chromium browser sobat dan silahkan coba akses website yang menggunakan flash player. Jika masih belum aktif plugins flash player nya silahkan coba gunakan cara ini :

Buka terminal linux ubuntu dengan mengklik icon dash home ubuntu dan cari terminal lalu ketikan perintah dibawah ini
$ sudo update-pepperflashplugin-nonfree --install
Kalau masih belum aktif lakukan editing manual pada konfigurasi chromium browser nya dengan cara
$ sudo gedit /etc/chromium-browser/default
Masukan perintah dibawah ini pada baris terakhir
. /usr/lib/pepflashplugin-installer/pepflashplayer.sh
Lalu save dan buka kembali chromium browser nya seharusnya sudah aktif plugins flash player nya, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Source references : 
https://en.wikipedia.org/wiki/Adobe_Flash_Player
http://ibagusm.web.id/aktifkan-flash-player-di-ubuntu-15-04.html

Subscribe to receive free email updates: