Remote Desktop Linux Ubuntu dengan Remmina

Pengertian Remote Desktop

Remote Desktop adalah sebuah fitur yang terdapat pada system operasi komputer yang mengizinkan user lain untuk terkoneksi ke server atau mesin dari jarak jauh seolah - olah user tersebut sedang berada di depan mesin atau server yang di remote nya.

Remote Desktop Linux Ubuntu dengan Remmina

Remote Desktop menggunakan protokol RDP (Remote Desktop Protocol) TCP dengan port 3389, kalau di system operasi berbasis windows kita mengenal software RealVNC, UltraVNC dan Team Viewer yang biasa kita gunakan untuk keperluan remote desktop.

Cara Remote Desktop di Linux Dengan Remmina

Nah, kalau di linux khususnya Ubuntu untuk keperluan remote desktop PC server dari PC client yang akan saya bahas kali ini sedikit berbeda, tidak seperti OS Windows yang membutuhkan aplikasi pihak ketiga di OS linux ubuntu sudah terdapat aplikasi default untuk keperluan remote desktop yaitu Remmina Remote Desktop Client.

Pertama, sobat harus mengaktifkan fitur Desktop Sharing di PC server yang nantinya akan di remote dari PC client, cara nya masuk ke Dash Home ketikan keyword Desktop Sharing dan kalau sudah muncul silahkan di klik untuk membuka nya.

Remote Desktop Linux Ubuntu dengan Remmina

Centang pada Allow other users to view your desktop dan Allow other users to control your desktop, pada option Security silahkan centang Require the user to enter this password agar nantinya user yang me-remote desktop sobat harus memasukan password authentication demi keamanan, selanjutnya pada Show Notification Area Icon pilih Never agar ketika sobat me-remote PC server tersebut langsung masuk tanpa harus di confirm terlebih dahulu.

Lihat gambar dibawah untuk lebih jelas nya.

Remote Desktop Linux Ubuntu dengan Remmina

Setelah konfigurasi selesai di PC server selanjutnya sobat harus atur konfigurasi di Remmina Remote Desktop Client yang ada di PC client atau di PC sobat, masuk ke Dash Home ketikkan keyword remmina remote desktop client, kalau sudah terbuka silahkan isi dengan parameter seperti contoh dibawah :
Name = Isi sesuai dengan hostname  yang akan di remote
Protocol = Pilih VNC - Server Network Computing
Server = Masukan IP dari server yang akan di remote
User name = User ID dari PC server sobat
Password = Password dari PC server yang dimasukan ketika login
Lalu centang pada option Show remote cursor agar cursor ditampilkan ketika melakukan remote desktop ke PC server, kalau sudah klik save dan connect.

Remote Desktop Linux Ubuntu dengan Remmina

Kalau konfigurasi sudah dilakukan dengan baik, maka sobat sudah bisa me-remote PC server dari PC client dengan remmina remote desktop, kurang lebih hasilnya akan seperti ini kalau konfigurasi nya sudah benar dan berjalan dengan baik.

Remote Desktop Linux Ubuntu dengan Remmina

Kesimpulan

Sampai tahap ini kita sudah bisa me-remote desktop linux ubuntu server maupun pc lain yang menggunakan OS linux ubuntu tanpa harus menginstall software remote desktop pihak ketiga.

Update !!!
Selain remmina remote desktop, sobat juga bisa menginstall teamviewer yang sudah support dan bisa di install di sistem operasi berbasis linux, kekurangan menggunakan remmina remote desktop adalah sobat tidak bisa me-remote komputer lain yang berbeda platform, sedangkan kalau menggunakan teamviewer sobat bisa me-remote komputer lain yang berbeda platform atau berbeda OS.

Untuk tutorial install teamviewer di linux, silahkan klik link ini sob, baca juga : Cara install teamviewer di ubuntu dan linux mint, semoga bermanfaat & selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates: