Aquarium di Terminal Linux dengan ASCIIquarium

Sobat pengguna linux sekaligus punya peliharaan ikan hias di aquarium ? kalau iya sekarang sobat gak perlu lagi beli aquarium dan merawat ikan hias yang akan menyita waktu, karena dengan linux kita juga tetap bisa melanjutkan hobby kita miara ikan hias di aquarium. Miara ikan di aquarium linux ? apa itu ? aquarium jenis baru merk linux ? Uppsss tentu nya bukan sob !

Aquarium yang dimaksud adalah ASCIIquarium yaitu aplikasi untuk menampilkan ikan di aquarium dalam bentuk gambar ASCII yang berjalan di terminal linux, lho kok bisa ? bisa sob, karena kalau kita membahas mengenai console terminal pada linux maka banyak hal menarik yang bisa kita lakukan baik untuk sekedar hiburan maupun untuk keperluan komputasi.

Di blog kesayangan sobat ini juga saya sudah memposting beberapa artikel yang membahas mengenai console terminal pada sistem operasi linux mulai dari tutorial untuk mempercantik console terminal itu sendiri, tutorial unik yang bisa dilakukan pada console terminal, bahkan tutorial penggunaan perintah-perintah dasar pada sistem operasi berbasis GNU/Linux.

Baca juga : Efek matrix pada console terminal linux

Oh ya balik lagi ke pembahasan materi artikel, bagi sobat yang penasaran bagaimana cara install ASCIIquarium ini silahkan simak tutorial ini sampai selesai yah sob :-) 

Cara Install ASCIIquarium di Terminal Linux

Langkah pertama, buka terminal linux kesayangan sobat dengan menekan tombol kombinasi CTRL + ALT + T pada keyboard, masuk ke mode root atau super user kemudian ketikkan atau copy/paste perintah-perintah di bawah ini satu persatu :
# apt-get install libcurses-perl
# cd /tmp
# wget http://search.cpan.org/CPAN/authors/id/K/KB/KBAUCOM/Term-Animation-2.4.tar.gz
# tar -zxvf Term-Animation-2.4.tar.gz
# cd Term-Animation-2.4/
# perl Makefile.PL &&  make &&   make test
# make install
Selanjutnya download dan install dengan mengetikkan perintah-perintah ini :
# cd /tmp
# wget http://www.robobunny.com/projects/asciiquarium/asciiquarium.tar.gz
# tar -zxvf asciiquarium.tar.gz
# cd asciiquarium_1.1/
# cp asciiquarium /usr/local/bin
# chmod 0755 /usr/local/bin/asciiquarium
Setelah proses installasi selesai, jalankan asciiquarium dengan mengetikkan perintah berikut :
$ /usr/local/bin/asciiquarium . atau
$ asciiquarium 
Kalau step by step nya sudah sobat lakukan dengan baik dan benar, maka hasilnya akan seperti ini.


Kesimpulan

Masih sangat banyak user yang menganggap bahwa linux itu ribet, linux itu rumit, linux itu susah di operasikan dan stigma-stigma negatif lainnya sehingga masih banyak user yang enggan migrasi dari OS berbayar ke OS yang open source, mereka lebih memilih melakukan pembajakan sehingga enggan migrasi menggunakan linux dengan alasan kemudahan padahal sebetulnya linux itu sangat mudah digunakan dan hanya faktor kebiasaan saja.

Nah, hal-hal unik seperti inilah yang biasa saya gunakan untuk mengenalkan sistem operasi berbasis GNU/Linux kepada kawan saya agar mereka lebih tertarik untuk menggunakan sistem operasi open source dan migrasi dari OS tetangga.

Baca juga :
Cara install bash powerline di terminal linux
Cara install dan menggunakan tmux di ubuntu/linux mint
Mengganti bash dengan zsh sebagai default shell di linux

Karena selain bisa untuk hiburan agar tidak bosen berkutat dengan console terminal, dengan  adanya program unik yang bisa di install di console terminal seperti ASCIIquarium ini juga akan membuat anggapan bahwa linux itu susah sedikit demi sedikit bisa berkurang sehingga semakin banyak user yang tertarik menggunakan linux. So, tunggu apalagi sob ? monggo dicoba !


Source references : http://www.tecmint.com/20-funny-commands-of-linux-or-linux-is-fun-in-terminal/

Subscribe to receive free email updates: