Install WPS Office 9.1.0 Alpha 15 di Elementary OS

Secara default, di Elementary OS tidak tersedia aplikasi perkantoran atau office baik itu LibreOffice maupun OpenOffice setelah kita selesai menginstall-nya, untuk mengatasi masalah itu sebenarnya kita bisa menginstall LibreOffice aplikasi perkantoran khas linux, tapi menurut saya interface yang disajikan cukup membingungkan apalagi untuk orang yang baru mengenal linux seperti saya.

Lalu adakah aplikasi office yang mempunyai interface lakaknya Ms. Office di linux ? jawabannya tentu ada, kita bisa menginstall WPS Office untuk keperluan mengolah kata, angka atau untuk keperluan presentasi sekalipun.

Pengertian WPS Office

WPS Office adalah sebuah paket aplikasi perkantoran yang tersedia untuk Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Android, software ini dikembangkan oleh developer yang berbasis di Zhuhai, Tiongkok, China. Sebelumnya software ini dikenal dengan nama Kingsoft Office yang bisa digunakan untuk keperluan mengolah data (Writer), mengolah angka (Spreadsheets) dan presentasi (Presentation).

WPS Office sendiri terdiri dari 3 (tiga) komponen utama yaitu : WPS Writer, WPS, Spreadsheet dan WPS Presentation.

Cara Install WPS Office di GNU/Linux

Di artikel ini saya akan membagikan tutorial cara install wps office 9.1.0 alpha 15 di linux elementary os, versi elementary os yang saya gunakan yaitu 32 bit, tapi sobat yang memiliki versi elementary os 64 bit tidak perlu kuatir karena cara ini bisa berjalan dengan baik di elementary os 32 dan 64 bit.

A. Download file Kingsoft WPS Office *.deb

Untuk mendownload versi terbaru wps office sobat bisa langsung mendownload nya di website http://wps-community.org/download.html   

atau via terminal dengan mengetikkan atau copas perintah berikut :
wget http://kdl.cc.ksosoft.com/wps-community/download/a15/wps-office_9.1.0.4751~a15_i386.deb
Update !!!
WPS Office untuk linux saat ini sudah tersedia versi terakhir yaitu wps-office_10.1.0 yang bisa sobat download langsung di website resmi nya  dengan mengklik link diatas atau DISINI.

B. Cara Installasi

Setelah berhasil di download selanjutnya kita lakukan installasi dengan cara masuk ke direktory tempat file tersebut berada biasa nya di directory download, buka terminal lalu eksekusi dengan mengetikan perintah berikut :
$ sudo dpkg -i wps-office_9.1.0.4751~a15_i386.deb  
$ sudo apt-get -f install
Kalau sudah selesai di install sobat bisa menginstall bahasa dan font tambahan untuk WPS Office yang sudah di install tadi, masih di terminal kemudian ketikan perintah berikut : 
wget http://kdl.cc.ksosoft.com/wps-community/download/a15/wps-office-fonts_1.0_all.deb
Gunakan perintah di bawah ini untuk menginstall-nya
sudo dpkg -i wps-office-fonts_1.0_all.deb 
Selesai, sekarang sobat bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan yang pasti aplikasi ini sudah support file docx dan xlsx, berikut contoh screenshoot nya.


Install WPS Office 9.1.0 Alpha 15 di Elementary OS

Oh ya, perlu sobat ketahui bahwa WPS Office ini meskipun memiliki interface yang hampir mirip dengan Ms. Office pada sistem operasi windows tapi memiliki kekurangan salah satu nya tidak adanya fitur mail merge sehingga sobat tidak bisa menggunakan fitur mail merge pada WPS Office.

Semoga bermanfaat dan bisa membantu sobat yang lagi bingung nyari-nyari aplikasi office yang cocok di pakai di Elementary OS. Salam open source :-)


Source references :
http://gamblisfx.com/install-kingsoft-office-9-1-0-alpha-15-on-elementary-os-freya/

Subscribe to receive free email updates: