Cara Memasang Fans Page Facebook di Blog

Salah satu cara untuk mendatangkan visitor dan menaikkan traffic pengunjung ke blog kita yaitu dengan membuat sebuah fans page blog kita di Facebook dan memasang fans page tersebut di halaman blog kita, lah maksud nya gimana yah ? emm masih bingung ya sob, oke kalau masih bingung penjelasannya kurang lebih seperti ini sob. 


Kalau kita mengintegrasikan blog dengan halaman fans page facebook, jadi setiap kita memposting artikel baru di blog dan kita juga memposting nya di halaman fans page facebook maka otomatis akan muncul di wall facebook atau di fans page facebook kita, dan setiap orang yang me-like fans page kita otomatis akan mendapatkan update artikel terbaru dari fans page yang kita kelola di beranda facebook mereka, semakin banyak orang yang like maka semakin banyak pula kesempatan artikel kita  di klik dan akan dibaca oleh orang lain yang menyukai fans page kita.

Syarat untuk memasang fans page facebook di blog tentunya sobat harus sudah memiliki akun facebook dan fans page facebook nya, saya tidak akan menjelaskan cara membuat akun facebook karena setiap orang pasti sudah tahu cara daftar akun facebook, untuk cara membuat fans page dan mengintegrasikan nya dengan blog akan saya posting di lain kesempatan.

Cara Memasang Fanspage Facebook di Blog

Pertama silahkan klik tautan ini https://developers.facebook.com/docs/plugins/page-plugin, kalau sudah terbuka maka akan muncul halaman seperti gambar dibawah, kemudian isi dan sesuaikan dengan keinginan sobat :
URL Halaman Facebook : isi dengan url fans page di akun facebook sobat
Tinggi : 300 (opsional)
Lebar  : 320 (opsional)
Tab : false atau timeline
Ukuran widget nya bisa disesuaikan agar terlihat lebih rapi di blog sobat, biasanya saya set dengan ukuran 300 untuk tinggi dan 320 untuk lebar nya.


Apabila ukuran widget nya sudah sesuai keinginan sobat, silahkan klik tombol Dapatkan Kode kemudian sobat copy paste script code yang muncul, perlu di ingat copy dan gabungkan kedua script tersebut agar bisa berjalan dengan baik di blog sobat.


Tahap berikutnya yaitu memasang widget fans page facebook di blog kita dengan cara sebagai berikut :

  • Log in ke dasbor blogger sobat
  • Pada halaman dashboard klik Tata Letak
  • Klik Tambahkan Gadget pada sidebar yang akan ditempatkan fans page sobat
  • Klik HTML/JavaScript dan isikan dengan Code yang sobat copy sebelumnya
  • Terakhir klik Simpan dan lihat hasilnya


Hasilnya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini pada blog sobat, mudah bukan ? selain bermanfaat untuk membantu meningkatkan jumlah likers fanspage, cara ini juga berguna untuk mempercantik tampilan blog sobat.


Kesimpulan

Keuntungan memasang fanspage facebook di blog yaitu bisa meningkatkan jumlah likers fanspage facebook yang kita kelola dan dari banyak nya jumlah likers tersebut tentu saja akan memberikan dampak positif terhadap blog kita yaitu akan meningkatkan traffic yang masuk ke blog kita.

Tapi perlu sobat ketahui selain ada keuntungan seperti yang sudah saya sebutkan barusan, memasang widget fanspage facebook di blog juga memiliki dampak negatif terhadap blog yaitu akan membuat loading blog kita semakin berat, jadi sebelum sobat memasang widget fanspage facebook di blog harap di pikirkan dampak positif dan negatif nya ya.

Oke sob sampai disini dulu yah tutorial nya semoga tulisan sederhana ini bisa bermanfaat bagi sobat sobat semua, selamat mencoba dan salam blogger :-)

Subscribe to receive free email updates: