Cara Mudah Membuat Slingshot Transparan di Elementary OS

Elementary OS menggunakan desktop environment pantheon dan slingshot sebagai launcher untuk menampilkan menu aplikasi nya, desktop environment di elementary os freya di design dengan tampilan yang indah sehingga membuat kita betah berlama-lama di depan laptop.

Tapi saya kurang suka dengan tampilan slingshot nya yang terkesan kaku tanpa ada efek transparan atau aero glass seperti di OS tetangga, karena alasan itulah saya posting artikel ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara membuat slingshot di elementary os terlihat transparan agar lebih menarik.

Tampilan slingshot dengan efek transparan akan memberikan nuansa yang adem dan terlihat lebih elegan dan membuat kita betah berlama-lama menggunakan nya, maklum saja karena slingshot di elementary OS yang menggunakan desktop pantheon ini bisa di ibaratkan seperti "jantung" karena untuk membuka aplikasi apapun kita harus membuka nya dari slingshot.

Berikut contoh slingshot dengan efek transparan yang ada pada desktop pantheon elementary OS yang saya pakai.


Cara Install Tema Transparan Pada Slingshot Elementary OS

Sebelum kita menginstall theme transparan untuk mengubah tampilan slingshot maka tampilan slingshot akan terlihat dengan background putih yang terkesan kaku. Kalau sobat tertarik untuk menginstall theme transparan nya silahkan ikuti tutorial dibawah ini.

Pertama,  buka terminal linux sobat dan copy/paste atau ketik manual perintah dibawah :
$ sudo add-apt-repository ppa:yunnxx/elementary
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install elementary-transparent-theme
Kalau sudah berhasil di install cara mengkonfigurasi nya pun sangat mudah, yaitu masuk ke System Setting ~> Tweaks ~> Appearance lalu ganti Metacity Theme dan GTK+ Theme menjadi transparent, silahkan restart laptop sobat dan lihat perubahan yang terjadi.
Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates: