Cara Upgrade Firmware Radio Ubiquity

Ada seorang teman yang pernah bertanya, gimana sih kalau kita mau upgrade firmware radio ubiquity ? bagi sebagian orang yang memang punya basic di jaringan apalagi punya usaha RT/RW Net atau kerja di ISP mungkin sudah tidak asing lagi dengan konfigurasi radio ubiquity termasuk cara upgrade firmware radio produk ubiquity, tapi bagaimana kalau kita orang yang baru belajar dan ingin memperdalam ilmu di bidang jaringan internet yang berbasis wireless ?

Kenapa Firmware Radio Harus di Upgrade ?


Apakah upgrade firmware radio ubiquity ini susah ? lalu untuk apa kita mengupgrade firmware pada perangkat wireless radio ubiquity ? untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut akan saya jawab dengan penjelasan yang ringkas agar mudah dipahami.

Pertama apakah meng-upgrade firmware pada perangkat radio ubiquity susah ? tenang sob .. mengupgrade firmware pada perangkat radio ubiquity ini sangat mudah kok, lalu kenapa harus di upgrade dan apa efek nya setelah firmware nya kita upgrade ? wireless radio yang kita pakai baik sebagai access point maupun station client apabila sudah dipakai dalam waktu yang lama biasa nya mengalami penurunan performa yg menyebabkan kualitas koneksi nya kurang optimal.

Dengan upgrade firmware ini sedikit banyak nya akan memberikan efek yang baik terutama dalam hal performa, selain itu pada versi-versi airOS yg terbaru tentu nya ada patch bug dan perbaikan perbaikan bahkan penambahan fitur yang sangat berguna, sebagai contoh pada airOS versi 6.x yang terbaru saat ini ada penambahan fitur seperti informasi penggunaan CPU Load dan Memory Usage di menu main.

Cara Upgrade Firmware Radio Ubiquity


Untuk alasan itulah saya posting artikel ini, artikel ini ditujukan untuk sobat yang sedikitnya sudah pernah melakukan konfigurasi radio ubiquity atau kalau belum tahu caranya silahkan baca artikel saya sebelumnya tentang cara Konfigurasi Radio Wireless Ubiquiti AirGrid M5HP. Kembali ke topik awal, bagaimana cara upgrade firmware radio ubiquity ? silahkan simak tutorial ini sampai selesai yah sobat.

Pertama sobat harus login dulu dengan mengakses ip address default 192.168.1.20 atau dengan ip yang sudah sobat sesuaikan dan kalau sudah masuk klik tab System, di contoh ini sobat bisa lihat versi firmware yang di pakai yaitu XM.v5.5.6, perlu di ketahui juga kalau ubiquity mempunyai dua versi yaitu XM dan XW, silahkan download firmware nya di https://www.ubnt.com/download/ dan sesuaikan dengan versi firmware yang ada di radio ubiquity nya.

Cara Upgrade Firmware Radio Ubiquity

Kalau firmware nya sudah sobat download dan tersimpan di komputer tahap selanjutnya masih di tab system kemudian klik tombol Choose File dan arahkan di folder mana sobat menyimpan firmware hasil donwload tadi.

Cara Upgrade Firmware Radio Ubiquity

Klik tombol Upload seperti gambar diatas dan akan muncul popup proses update firmware seperti gambar dibawah ini, selama proses upgrade ini jangan sampai koneksi PC kita ke perangkat radio terputus atau adaptor power mati karena jika proses upgrade ini gagal bisa merusak perangkat radio nya.

Cara Upgrade Firmware Radio Ubiquity

Setelah proses upgrade selesai sobat bisa check apakah versi firmware nya sudah menggunakan versi yang baru atau belum.

Cara Upgrade Firmware Radio Ubiquity

Sampai tahap ini radio ubiquity sobat sudah berhasi di upgrade ke firmware versi terbaru. Upgrade firmware ini cukup penting selain agar performance perangkat radio kita lebih baik dan juga dengan proses upgrade ke firmware versi terbaru biasanya ada perbaikan bug dan pembaruan fitur.

Oh ya, ketika artikel ini pertama kali saya publikasikan versi airOS terbaru yaitu v5.5.10. Sedangkan airOS terbaru yang sudah ada saat ini yaitu versi v6.0 yang menyertakan penambahan fitur CPU Load dan Memory Usage pada menu main, tentu fitur seperti ini sangat berguna karena dengan indikator penggunaan CPU dan Memory kita akan bisa menyimpulkan sejauh mana performa radio yang kita pakai.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat, baca juga artikel menarik lain nya ya sob :

Cara menjalankan ubnt discovery pada ubuntu
Cara setting radio ubiquity sebagai mode router
Cara konfigurasi wireless radio ubiquity airgrid m5hp

Subscribe to receive free email updates: