Efek Matrix di Terminal Linux

Pernahkah sobat nonton film hollywood The Matrix ? Kalau iya mungkin sobat akan terkesan dengan efek animasi matrix yang ditampilkan, atau mungkin juga sobat sering melihat film genre hacker yang menampilkan desktop di laptop nya yang keren dan memukau.

Nah, bagi sobat yang mau menampilkan efek matrix di laptop sobat biar terlihat keren kaya hacker-hacker silahkan baca artikel ini dari awal sampai selesai, syarat nya di laptop sobat harus sudah terinstall OS linux, kenapa harus linux ? karena kalau sobat pakai OS tetangga tentu tutorial ini gak bisa di praktekkan :D

Cara Install Cmatrix di Linux

Cmatrix adalah program sederhana yang bisa kita install di sistem operasi berbasis GNU/Linux, fungsi dari program atau software ini yaitu untuk menampilkan efek matrix pada console terminal, apa fungsi nya cuma hanya itu ? betul sob, fungsi nya hanya itu saja gak lebih, kalau sobat tidak tertarik menginstall nya saya sarankan sobat tidak perlu membaca artikel ini sampai selesai.

Tapi kalau sobat tertarik untuk menginstall nya, silahkan lanjutkan membaca artikel ini. Pertama silahkan buka console terminal dengan menekan tombol kombinasi CTRL + ALT + T pada keyboard atau tekan tombol kombinasi SUPER + T kalau sobat menggunakan Elementary OS seperti saya, kemudian ketikan perintah berikut :
$ sudo apt-get install cmatrix  (untuk OS linux basis Debian)
$ sudo yum install cmatrix  (untuk OS linux basis Red Hat)
Tunggu proses installasi nya sampai selesai, masih di terminal linux gunakan perintah berikut untuk menampilkan efek matrix nya :
$ cmatrix 
Berikut contoh efek matrix yang di jalankan di console terminal linux saya.


Gimana, menarik kan ? cara ini biasa saya pakai biar gak suntuk setelah seharian mantengin layar monitor laptop, sekaligus biar keliatan keren apalagi kalau yang liat nya orang awam pasti saya dikiranya hacker atau apalah hehehe ..

Baca juga artikel menarik lainnya sob :
Kamus inggris - indonesi berbasis CLI di terminal linux
Cara install dan konfigurasi tmux di ubuntu & linux mint 
[FUN] Serunya membuat kereta berjalan di terminal linux

Good luck !


Source references : http://www.tecmint.com/20-funny-commands-of-linux-or-linux-is-fun-in-terminal/

Subscribe to receive free email updates: