Install VLC 2.2.1 di Ubuntu 15.04

Pengertian VLC Media Player

VLC adalah media player gratis dan open-source yang tersedia untuk berbagai sistem operasi seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS yang mampu memainkan setiap file audio dan video, vlc media player juga bisa memutar file multimedia dalam berbagai format file seperti DivX, Ogg MPEG, dll. Bahkan VLC Media Player bisa dipakai untuk memutar CD, VCD maupun DVD.

Install VLC 2.2.1 di Ubuntu 15.04
Source image : pixabay.com
Salah satu keunggulan dari VLC Media Player yaitu memiliki kelengkapan codec yang tersedia. Dengan kata lain, VLC dapat memutar hampir seluruh jenis berkas audio maupun video yang ada.

Di balik interface atau tampilan programnya yang simple dan sederhana, VLC media player ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan seperti kemampuan menambahkan subtitle, skin, konversi, filter, tag format,  tersedia dalam bahasa Indonesia, dan dapat dioperasikan melalui berbagai interface. Bahkan, VLC media player ini juga bisa dijadikan untuk keperluan server streaming pada jaringan lokal dan internet

Cara Install VLC Media Player di Ubuntu 15.04

Sebelum upgrade ubuntu ke versi 15.04 dengan kode nama "vivid vervet" saya bisa menjalankan VLC media player dari ubuntu saya tanpa ada problem, masalah muncul ketika saya memutar video pakai VLC media player setelah proses upgrade ubuntu ke ubuntu 15.04.

Baca juga : Memutar musik di terminal linux dengan NVLC

Sudah saya coba install lewat terminal dan Ubuntu Software Center tapi muncul pesan error yang menyatakan bahwa saya harus install Defendency (paket lain yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah paket atau software).

Sampai akhirnya saya searching di google dan menemukan cara yang mudah dan praktis, dan saya akan bagikan tutorialnya disini, oke check it out ..

Kita bisa menambahkan ppa dari n-muench vlc, buka terminal dan ketikan perintah ini di terminal.
$ sudo add-apt-repository ppa:n-muench/vlc
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get dist-upgrade 
Setelah mengeksekusi perintah tadi akan muncul jendela seperti ini untuk mengupgrade paket software yang tersedia, klik Install Now dan ketik Y di terminal untuk melanjutkan proses instalasi.

Install VLC 2.2.1 di Ubuntu 15.04

Kalau sudah selesai proses diatas, tahap selanjutnya yaitu menginstall VLC-nya dengan mengetikkan perintah ini di terminal.
$ sudo apt-get install vlc
Tunggu proses installasinya sampai selesai dan sobat sudah bisa menggunakan VLC media player di ubuntu sobat tanpa ada kendala, di sistem operasi linux ubuntu sebetulnya sudah tersedia media player bawaan  yang bisa kita gunakana, tapi menurut saya masih belum ada media player yang sebaik VLC, semoga bermanfaat.


Source references : 
https://id.wikipedia.org/wiki/VLC
http://askubuntu.com/questions/633987/how-to-install-vlc-2-2-1-in-ubuntu-15-04

Subscribe to receive free email updates: