Menampilkan Trash Indicator di Panel Elementary OS


Menampilkan Trash Indicator di Panel Elementary OS
Image taken from : www.pixabay.com

Menampilkan Trash Indicator di Panel Elementary OS
- Sesuai dengan judul di postingan kali ini saya akan memberikan cara untuk menampilkan trash indicator di panel elementary os freya, fitur ini menurut penulis cukup bermanfaat ketika ingin membersihkan file yang ditampung di dalam trash karena cukup tinggal klik icon trash dan pilih empty trash saja. Tapi sebelumnya saya kasih screenshoot sebelum fitur trash indicator di install.

Menampilkan Trash Indicator di Panel Elementary OS

Apa itu Trash Indocator  Pada Elementary OS ?

Trash adalah istilah lain pada sistem operasi berbasis GNU/Linux dari kata recycle bin. Jadi singkat nya adalah trash itu sama saja dengan recycle bin yang ada pada sistem operasi berbasis microsoft windows hanya penamaan nya saja yang berbeda, fungsi nya pun sama yaitu untuk menampung semua file yang kita hapus dari file manager sebelum benar benar di hapus secara permanen.

Sedangkan trash indicator adalah salah satu applet yang bisa kita install yang berfungsi sebagai shortcut untuk mengakses folder trash, dengan adanya trash indicator ini kita bisa menghapus semua file yang tersimpan di folder trash hanya dengan cara klik kanan pada icon nya dan pilih empty trash tanpa harus membuka folder trash nya.

Cara Install Trash Indicator Pada Panel Elementary OS

Setelah mengetahui kegunaan nya sekarang kita lanjut ke proses installasi nya. Gimana caranya ? sobat harus download software nya dulu disini, kalau sudah di download masuk ke direktori dimana software tersebut berada secara default akan masuk ke direktori Downloads.
$ cd Downloads/
Kemudian install software nya dengan menggunakan GDebi Package Installer
$ sudo gdebi trashindicator_1.00-1_all.deb 
Masukan password root sobat dan ketik Y di keyboard untuk melanjutkan, kalau sudah selesai trash indicator tidak akan langsung muncul di panel, sobat harus ketikkan perintah ini di terminal.
$ killall wingpanel 
Kemudian restart komputernya, setelah masuk ke desktop Elementary OS maka akan muncul icon trash indicator di panel kanan atas, kurang lebih seperti ini.

Menampilkan Trash Indicator di Panel Elementary OS

Kesimpulan

Dengan menginstall trash indicator pada panel Elementary OS ini akan sangat memudahkan ketika kita akan menghapus semua file yang tersimpan di folder trash tanpa harus mengakses nya melalui file manager.


Karena dengan trash indicator ini kita hanya perlu melakukan klik kanan lalu pilih empty trash saja, setelah itu maka semua file yang sudah sobat hapus dan tersimpan di folder trash akan terhapus secara langsung dan permanen. Oke sob, sampai disini dulu tutorialnya, semoga bermanfaat dan go open source ;)


Source references : 
https://marisharingilmu.wordpress.com/tag/trash-indicator-ubuntu/

Subscribe to receive free email updates: