Modifikasi Pesan Error Command Not Found di Terminal Linux

Modifikasi Pesan Error "Command Not Found" di Terminal Linux - Kali ini saya mau share salah satu trik unik yang berkaitan dengan terminal di linux, trik unik apakah itu ? bagi sobat-sobat para pengguna sistem operasi linux mungkin sudah tidak aneh lagi dengan yang namanya terminal.

Ketika kita salah mengetikan baris perintah biasa nya akan muncul pesan error command not found maksud dari pesan tersebut yaitu menunjukan kepada kita kalau perintah atau syntax yang kita input tidak ada dan tidak bisa di eksekusi oleh system linux, contoh saya mengetikan perintah exit untuk keluar dari terminal linux tapi salah ketik jadi exitt maka otomatis akan muncul pesan error seperti gambar dibawah ini :


Pertanyaan nya gimana kalau kita mau ganti pesan error diatas sesuai dengan kalimat yang kita mau ? selamat, sobat berada di tempat yang tepat :-D

Cara Modifikasi Pesan Error Command Not Found di Terminal Linux

Trik ini tidak ada kaitan nya dengan peningkatan performa komputasi linux kita yah sobat, jadi trik ini dibuat biar kita bisa betah lama-lama berlinux ria. Gimana caranya ? oke check it out.

Buka file .bashrc menggunakan gedit dengan cara mengetikan perintah ini di terminal.
$ sudo gedit .bashrc
Masukan password root atau password super user sobat, pada file .bashrc kita tambahkan script ini di baris paling bawah, ingat hanya menambahkan jangan sampai merubah script yang sudah ada di dalamnya.

command_not_found_handle () {  
       printf "Gak ada perintah kaya gitu, coeg !!! Coba perintah yang lain aja yaa!\n" 
    return 127 
}

Lihat contoh screenshoot pada gambar dibawah ini.


Kalau sudah ditambahkan save dan close file .bashrc nya, sekarang silahkan coba ketikan perintah yang salah di terminal linux dan hasilnya akan seperti ini, tarrraaa ..


Kelebihan sistem operasi linux yaitu bisa kita otak-atik sesuai selera kita, salah satunya ya seperti trik yang sudah saya tulis diatas, semoga bermanfaat dan salam open source :-)


Source references : 
http://raniaamina.blogspot.co.id/2015/08/modifikasi-command-not-found-terminal-linux.html

Subscribe to receive free email updates: