Cara Install VirtualBox di Linux Mint 17.2

Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi atau menjalankan sistem operasi tambahan di dalam sistem operasi utama secara virtual. Sebagai contoh, jika sobat mempunyai sistem operasi utama Linux Mint yang terpasang di komputer, maka sobat bisa juga menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi Linux Mint tersebut.

Lho kok bisa ? bisa sob, dengan virtualbox kita bisa menjalankan sistem operasi apa saja didalam sistem operasi utama secara virtual, hampir semua sistem operasi yang ada saat ini bisa kita install di virtualbox, selain sistem operasi komputer kita juga bisa menginstall sistem operasi jaringan untuk keperluan simulasi contohnya RouterOS MikroTik yang bisa kita install di virtualbox.

Oke balik lagi ke pembahasan materi pada artikel kali ini sob, di artikel ini saya akan memberikan tutorial cara install VirtualBox 4.3 di system operasi linux mint 17.2 rafaela. Karena linux mint masih turunan dari distro ubuntu tentu saja tutorial ini bisa juga sobat praktekkan di distro linux ubuntu.

VirtualBox berguna bagi sobat yang ingin mencoba-coba OS atau distro linux tanpa harus menginstall-nya di harddisk drive laptop sobat, bagi sobat yang ingin tahu cara install VirtualBox di linux mint silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Cara Install VirtualBox di Linux Mint 17.2

Pertama silahkan buka terminal linux sobat dan buka file /etc/apt/source.list dengan mengetikkan perintah berikut ini di terminal.
$ sudo gedit /etc/apt/sources.list
Kalau sudah terbuka silahkan tambahkan baris perintah berikut, save dan close file nya kalau sudah selesai.
deb http://download.virtualbox.org/virtualbox/debian trusty contrib
Import public key dari repository Oracle VM VirtualBox untuk system linux sobat
$ wget -q http://download.virtualbox.org/virtualbox/debian/oracle_vbox.asc -O- | sudo apt-key add -
Lakukan update database repository dengan perintah berikut
$ sudo apt-get update
Kalau langkah-langkah di atas sudah di lakukan dengan baik dan benar, sekarang sobat bisa menginstall VirtualBox nya dengan mengetikkan perintah ini di terminal.
$ sudo apt-get install virtualbox-4.3
Tunggu sampai proses install nya selesai.

Paket dkms memastikan bahwa modul kernel host VirtualBox (vboxdrv, vboxnetflt dan vboxnetadp) diperbarui dengan baik jika versi kernel linux mengalami perubahan selama melakukan perintah apt-get upgrade, untuk menginstall nya ketikkan perintah berikut.
$ sudo apt-get install dkms 
Sampai disini selesai sudah semua proses untuk menginstall virtualbox di linux mint sobat, untuk menjalankan nya bisa mengetikkan perintah virtualbox langsung dari terminal atau membukanya dengan klik Menu ~> Administration ~> Oracle VM VirtualBox kalau sobat menggunakan desktop cinnamon.

Berikut screenshoot distro linux manjaro dengan desktop Xfce 32 bit yang saya jalankan menggunakan Oracle VM VirtualBox di linux mint saya.

Cara Install VirtualBox di Linux Mint 17.2

Bagaimana, tertarik ? silahkan dicoba sob, dengan adanya virtualbox sobat tidak perlu repot repot menginstall di harddisk drive kalau ingin mencoba distro linux yang lain.

Selain virtualbox sebetulnya masih ada beberapa software virtual machine yang populer seperti Qemu, VMware dan lain-lain. Tapi dari sekian banyak nya pilihan software virtual machine, virtualbox adalah software virtual machine yang paling populer.

Semoga bermanfaat.


Source references : 
https://id.wikipedia.org/wiki/VirtualBox
http://www.itzgeek.com/how-tos/virtualization/install-virtualbox-4-3-on-linux-mint-17.html

Subscribe to receive free email updates: