Cara Membuat USB Bootable Windows di Ubuntu Linux Mint

Untuk menginstall sebuah OS di PC atau laptop kita sudah familiar menggunakan CD/DVD yang sebelumnya sudah kita masukan OS dengan cara di burning, namun dengan cara tersebut menurut saya banyak sekali kekurangan nya selain daya baca yang lamban tentunya kurang praktis karena kepingan CD atau DVD rentan sekali rusak, nah solusinya kita bisa memanfaatkan media penyimpanan USB flash drive yang bisa kita jadikan USB bootable untuk menginstall OS di PC atau laptop.

Cara Membuat USB Bootable Windows di Ubuntu Linux Mint
Image taken from : www.pixabay.com

Pengertian Bootable

Bootable adalah salah satu fitur yang terdapat pada sebuah operating system yang memungkinkan operating system tersebut di simpan kedalam media penyimpanan untuk kebutuhan proses installasi operating system tersebut. Untuk membuat sebuah bootable operating system kita bisa memanfaatkan media penyimpanan seperti CD/DVD maupun USB flash drive.

Sedangkan USB bootable adalah salah satu teknik memburning file OS (operating system) yang berekstensi .iso kedalam media penyimpanan USB flash drive, apa perbedaan bootable CD/DVD dan USB flash drive ? Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa USB bootable jauh lebih praktis dan juga daya baca nya lebih cepat dibandingkan dengan CD maupun DVD.

Sesuai dengan judul artikel nya kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat USB bootable windows di ubuntu atau linux mint, kalau ingin membuat USB bootable linux kita bisa menggunakan software UNetbootin yang bisa di install di sistem operasi windows maupun linux, tapi bagaimana kalau kita ingin membuat USB bootable windows di linux ? sobat bisa menginstall WinUSB di sistem linux ubuntu maupun linux mint.

Cara Install WinUSB di Ubuntu Linux Mint

Untuk membuat USB bootable Windows di Ubuntu/Linux mint sebelumnya sobat harus menginstall software nya dulu yaitu WinUSB.

Cara install nya pun cukup mudah karena kita bisa install melalui terminal linux, namun karena software WinUSB ini belum tersedia di repository ubuntu jadi sobat harus menambahkan PPA respository nya terlebih dahulu, kemudian lakukan update repository dan terakhir install WinUSB nya.

Buka terminal linux dengan menekan tombol kombinasi CTRL+ALT+T di keyboard kemudian ketikkan perintah berikut satu persatu.
$ sudo add-apt-repository ppa:colingille/freshlight
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install winusb

Cara Membuat USB Bootable Windows di Ubuntu Linux Mint

Setelah berhasil di install silahkan buka software WinUSB-nya, klik From a disk image (iso) lalu browse file iso windows nya, silahkan pilih flashdisk yang akan dipakai di bagian Target device kemudian klik tombol Install.

Cara Membuat USB Bootable Windows di Ubuntu Linux Mint

Kemudian akan muncul kotak dialog yang mengharuskan sobat memasukkan password root, silahkan masukkan saja dan klik OK. Sekarang tunggu sampai proses selesai.

Cara Membuat USB Bootable Windows di Ubuntu Linux Mint

Kalau proses nya sudah selesai berarti sobat sudah bisa menjalankan atau booting OS Windows melalui USB flash drive yang tentu saja jauh lebih praktis ketimbang CD maupun DVD.

Selain lebih praktis membuat bootable operating system dengan media penyimpanan USB flash drive juga berguna ketika kita menginstall ulang PC, Laptop dan Netbook yang tidak memiliki CD/DVD Room. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: