Install LinSSID Graphical Wireless Tool Scanner di Elementary OS

LinSSID adalah tool wireless scanner yang bisa di install di system operasi berbasis GNU/Linux khususnya Ubuntu, Linux mint dan distro turunannya termasuk EOS Freya, tool wireless scanner ini sangat mudah di gunakan karena berbasis GUI dan bisa menampilkan informasi dari SSID wifi yang di scan dengan lengkap.

Install LinSSID Graphical Wireless Tool Scanner di Elementary OS
Image taken from : www.pixabay.com


Fungsi LinSSID

Fungsi dari software ini yaitu untuk mengetahui frequency, channel, mac address, mode, signal, dan chipper atau jenis otentikasi dari semua SSID yang ada di lingkungan kita. Software ini bisa kita gunakan untuk optimalisasi jaringan wifi kita karena biasa nya semakin banyak signal wifi di lingkungan kita maka semakin besar potensi jaringan wifi kita mengalami interferensi, sehingga dengan menggunakan software wireless scanner ini kita bisa mengetahui frequency dan channel yang digunakan oleh SSID wifi lain agar tidak mengalami interferensi dengan SSID wifi kita.

Cara Kerja LinSSID

Cara kerja LinSSID ini cukup simple, kita tidak perlu connect ke wifi nya terlebih dahulu dan kita hanya perlu membuka nya kemudian mulai scanning SSID wifi yang ada di lingkungan kita dan secara otomatis software ini akan bekerja dan menampilkan semua informasi dari SSID kita dan juga SSID wifi yang lain.

Cara Instalasi LinSSID di Linux

Buka terminal linux sobat dengan menekan tombol CTRL + ALT + T kemudian ketikkan perintah ini di terminal :
$ sudo add-apt-repository ppa:wseverin/ppa
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install linssid
Sekarang silahkan buka software nya, untuk membukanya kita harus memasukan password root terlebih dulu.

Install LinSSID Graphical Wireless Tool Scanner di Elementary OS

Klik tombol scanning dan hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Install LinSSID Graphical Wireless Tool Scanner di Elementary OS

Sekian tutorialnya sob, untuk tutorial penggunaan dan implementasi nya akan saya posting lagi di lain waktu, semoga bermanfaat.

Kesimpulan

Dari contoh diatas ketika kita menjalankan LinSSID Graphical Wirelesss Tool Scanner maka kita bisa mengetahui informasi berupa SSID (nama wifi), MAC address dari AP yang memancarkan SSID, Channel yang digunakan, Mode, Privacy, Cipher, Frequency dan lain-lain.

Software ini sangat bermanfaat karena merupakan salah satu software yang biasa saya pakai ketika proses troubleshooting jaringan.

Jadi kalau sobat mengalami masalah koneksi internet tidak stabil, wifi lemot saya sarankan coba di scan menggunakan software ini karena di khawatirkan jaringan wifi sobat mengalami interferensi dengan jaringan wifi orang lain.

Oh ya, kalau sobat kebetulan pengguna smartphone android sobat bisa menginstall aplikasi wireless scanner agar proses scanning wifi menggunakan smartphone lebih mudah dan simple, sobat bisa mendownload nya melalui google play store, semoga bermanfaat.


Source references : http://ubuntuhandbook.org/index.php/2013/08/linssid-wifi-scanner-for-ubuntu-linux-mint/

Subscribe to receive free email updates: