Mempercantik Terminal Linux Mint 17.2 Rafaela

Linux adalah system operasi open source yang artinya semua orang bisa dengan mudah memodifikasi, membuat, bahkan mendisitribusikan nya lagi, kelebihan dari system operasi berbasis open source adalah kita dibebaskan berkreasi terhadap system linux yang kita gunakan, kita bisa mengubah tampilan desktop sesuai dengan yang kita inginkan termasuk memodifikasi tampilan terminal di system linux kita.

Ya, terminal linux merupakan shell yang powerfull karena dengan terminal kita bisa melakukan apapun di system linux kita, namun terkadang kita seringkali jenuh dengan tampilan terminal yang itu itu saja, terminal di linux menjadi bagian dari system yang bisa kita modifikasi sedemikian rupa agar kita betah berlama-lama menggunakannya. Bicara mengenai modifikasi terminal di linux memang tidak ada habis nya, nah di kesempatan ini saya akan memberikan trik modifikasi prompt pada terminal linux.

Tutorial kali ini sebetulnya trik menggabungkan figlet, cowsay dan file .bashrc yang sudah di modifikasi sebelumnya untuk membuat tampilan terminal linux kita menjadi lebih keren, jadi saya asumsikan sobat sudah menginstall figlet dan cowsay kalau belum tahu cara install dan konfigurasinya silahkan baca artikel saya sebelumnya tentang cara Mempercantik Terminal dengan Figlet dan Cowsay, kalau sudah di install figlet dan cowsay nya kita lanjutkan ke tahap selanjutnya.

Sebelumnya akan saya kasih screenshoot tampilan terminal linux saya yang sudah di modifikasi




Tertarik ? kalau iya silahkan sobat download file .bashrc-nya yang sudah di modifikasi DISINI.

Sudah di download ? kalau sudah sobat buka file .bashrc nya gunakan perintah berikut untuk membuka file .bashrc-nya.
$ sudo gedit .bashrc
Atau kalau sobat menggunakan linux mint file .bashrc nya tidak akan sobat temukan di direktory /home/nama-user/, file bashrc-nya terletak di direktory /etc dengan nama file bash.bashrc silahkan gunakan perintah berikut untuk membuka nya.
$ sudo gedit /etc/bash.bashrc
Kalau sudah terbuka file nya silahkan hapus semua kemudian timpah dengan isi file yang sudah sobat download tadi.

Keterangan :
-f  : font
dragon  : gambar yang akan di tampilkan
shadow : jenis font yang di tampilkan
Klik save dan close kalau sudah selesai, sekarang coba sobat close dan buka kembali terminal linux nya dan hasilnya akan terlihat seperti gambar pertama diatas, berikut tampilan prompt yang ada di terminal linux saya dengan mode root.


Selain untuk mempercantik terminal linux, sobat juga tidak akan merasa cepat bosan menatap jendela terminal yang berwarna hitam blank, cara ini berguna untuk menghapus kesan kaku dan horor ketika mengoperasikan linux dengan terminal, semoga bermanfaat dan salam open source.

Subscribe to receive free email updates: