Monitoring System dengan Htop di Linux

Sebagian pengguna linux mungkin sudah akrab dengan command line top yaitu software utility berbasis teks yang digunakan untuk memonitor semua proses yang terjadi di system linux, disini saya akan membahas software utility berbasis teks yang bisa di pakai untuk memonitor semua proses di system operasi linux tapi bukan command line top melainkan htop yang bisa di jalankan langsung dari terminal linux.

Htop adalah versi CLI (command line interface) dari System Monitor yaitu software utility berbasis teks yang bisa kita gunakan untuk memonitor semua proses yang terjadi di system linux kita, fungsi htop dengan top kurang lebih sama namun yang membedakan keduanya adalah htop lebih interaktif dan mudah digunakan, meskipun htop berjalan di terminal linux tapi htop lebih user friendly karena sudah mendukung fungsi mouse dalam penggunaanya, informasi yang bisa ditampilkan mulai dari CPU, Memory, Swap, Uptime dan semua proses yang sedang berjalan.

Kalau sobat menggunakan distro linux basis debian atau ubuntu, silahkan sobat langsung jalankan perintah berikut untuk menginstall nya di terminal.
$ sudo apt-get install htop
Tunggu sampai selesai, ukuran nya tidak terlalu besar hanya memakan space harddisk 189 Kb. Kalau sudah selesai di install ketikkan perintah htop di terminal langsung dan akan muncul tampilan interface htop seperti gambar dibawah.


Gunakan tombol panah atas/bawah untuk memilih proses yang sedang berjalan, sobat juga bisa kill atau mematikan proses yang sedang berjalan dengan cara men-seleksi nya dan menekan tombol F9 di keyboard lalu tekan tombol Enter.

Fungsi tombol yang bisa digunakan :
F1 : manampilkan bantuan
F2 : Setup
F3 : Search / mencari proses yang berjalan dengan mengetikkan nama proses nya
F4 : Filter / menampilkan proses berdasarkan kelompok nama
F5 : Tree / menampilkan proses dengan diagram tree atau pohon
F6 : Sort By / menampilkan proses berdasarkan kolom tertentu
F7 : Nice
F8 : Nice
F9 : Kill / mematikan proses yang berjalan
F10 : Quit / keluar dari htop
Sebetulnya di linux mint saya yang menggunakan DE Cinnamon sudah tersedia software berbasis GUI untuk memonitor semua proses di system yaitu System Monitor, tapi saya lebih prefer untuk menggunakan htop karena meskipun berjalan di terminal tapi memiliki fungsi yang interaktif, selamat mencoba !!!

Subscribe to receive free email updates: