Cara Install TeamViewer 10 di Ubuntu dan Linux Mint

Ada kala-nya kita membutuhkan software atau fitur remote desktop baik itu untuk keperluan remote desktop PC server ataupun sebaliknya, di sistem operasi berbasis GNU/Linux terutama distro linux ubuntu dan turunan nya sebetulnya sudah tersedia software open source untuk keperluan yang satu ini yaitu remmina remote desktop yang kebetulan pernah saya jelaskan di artikel sebelumnya yaitu tentang cara Remote Desktop Linux Ubuntu dengan Remmina.

Cara Install TeamViewer 10 di Ubuntu dan Linux Mint

Bagi sobat pengguna setia software remote desktop teamviewer yang enggan menggunakan remmina tidak perlu kuatir karena teamviewer juga bisa di install di OS GNU/Linux, bagaimana caranya ? silahkan simak tutorial ini sampai selesai sob.

Apa itu TeamViewer ?

Tapi sebelum kita lanjut ke tahap installasi, ada baiknya saya jelaskan sedikit apa itu teamviewer ? Teamviewer adalah salah satu software remote desktop yang berguna untuk keperluan meremote PC baik server maupun client dari jarak jauh seolah-olah kita sedang mengendalikan PC tersebut secara langsung.

Kenapa Harus Pakai TeamViewer ?

Sebetulnya cukup banyak software untuk keperluan remote desktop selain teamviewer contohnya RealVNC, UltraVNC maupun remmina remote desktop client yang di khususkan untuk pengguna distro GNU/Linux.

Tapi kelebihan yang paling menonjol dari teamviewer adalah yang pertama yaitu cross platform yang berarti bisa di install pada semua system operasi baik sistem operasi desktop maupun mobile, dan yang kedua teamviewer adalah software remote desktop yang umum digunakan oleh mayoritas pengguna komputer dikarenakan kemudahan penggunaan nya.

Cara Install TeamViewer di Ubuntu dan Linux Mint

Kalau sudah mengetahui fungsi serta kelebihan software remote desktop teamviewer sekarang kita lanjut ke tahap installasi nya, pada artikel kali ini saya hanya akan membahas tutorial install teamviewer di distro linux basis debian dan ubuntu saja. Untuk distro lain insyaallah akan saya posting di lain waktu :-)

Cara Install TeamViewer di Linux 32 Bit

Buka terminal linux dengan cara menekan tombol kombinasi Ctrl+Alt+T kemudian install gdebi package installer dengan cara dibawah ini, tapi kalau sudah ada silahkan abaikan saja.
$ sudo apt-get install gdebi
Download dan install teamviewer nya dengan command berikut
$ wget download.teamviewer.com/download/version_10x/teamviewer_linux.deb
$ sudo gdebi teamviewer_linux.deb

Cara Install TeamViewer di Linux 64 Bit

Kalau linux saya 64 Bit bagaimana ? sobat perlu menambahkan arsitektur 32 Bit (i386) nya terlebih dahulu dengan cara :
$ sudo dpkg --add-architecture i386
$ sudo apt-get update
Install gdebi package installer, kemudian download teamviewer nya dan install dengan perintah berikut :

$ sudo apt-get install gdebi 
$ wget download.teamviewer.com/download/version_10x/teamviewer_linux.deb  
$ sudo gdebi teamviewer_linux.deb
Kalau terjadi error saat proses installasi, coba fix dengan mengetikkan perintah berikut di terminal

$ sudo apt-get install -f
$ sudo apt-get autoremove --fix-missing

Cara Menghapus TeamViewer di Ubuntu dan Linux Mint

Kalau sudah di install tapi sobat merasa tidak nyaman atau tidak cocok dengan software teamviewer, sobat bisa dengan mudah menghapus nya dari sistem linux yang sobat pakai. Untuk menghapus teamviewer dari linux sobat bisa mengetikkan perintah berikut di console terminal.
$ sudo apt-get remove teamviewer*
Mudah bukan ? kelebihan teamviewer dibandingkan dengan remmina remote desktop yaitu bisa kita gunakan untuk me-remote OS lain seperti Ms. Windows dan lain-lain. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: