Cara Membuat Background MOC Transparan

Selamat malam sobat Venturaz's Blog !

Sesuai dengan judul nya artikel saya kali ini akan membahas bagaimana cara membuat background moc transparan. Ya, moc (music on console) adalah sebuah aplikasi pemutar music berbasis CLI (command line interface) yang berjalan di terminal linux selain ringan tentunya ada pengalaman tersendiri ketika kita memutar music lewat terminal, disini saya tidak akan membahas cara install dan penggunaanya karena untuk cara install moc sudah pernah saya jelaskan di artikel sebelumnya tentang cara Memutar music di terminal linux dengan MOC, silahkan sobat install terlebih dulu aplikasi moc nya.

Kalau sobat sudah berhasil menginstall aplikasi moc, secara default tampilan interface moc akan berwarna biru ketika sobat membuka nya, sebetulnya sobat bisa mengganti tema moc dengan menekan tombol kombinasi   Shift+T namun kekurangan nya adalah ketika sobat membuka aplikasi moc nya lagi otomatis tampilan nya akan kembali berwarna biru, sangat menyebalkan bukan ?

Saya sendiri lebih suka tampilan moc dengan transparan, lalu bagaimana caranya membuat background pada moc menjadi transparan ? sobat bisa lanjutkan membaca tulisan ini sampai selesai !

Cara Membuat Background MOC (Music on Console) Transparan

Untuk membuat background pada moc transparan kita harus mengubah nya melalui terminal, pertama buka terminal linux sobat dan buat file config di dalam folder .moc dengan perintah berikut
$ cd ~/.moc/
$ gedit config
Masukkan baris perintah dibawah dan kalau sudah silahkan save lalu close file config-nya
XTermTheme = transparent-background
Kalau sudah di save file config-nya secara otomatis background pada moc sudah jadi transparan, akan tetapi agar tidak terjadi error kita harus mengubah hak akses nya terlebih dahulu dengan mengeksekusi perintah ini di terminal
$ chmod 755 /home/nama_user/.moc/config 
Selesai.. sekarang silahkan sobat buka kembali moc nya kalau berhasil tampilan nya akan menjadi transparan seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat Background MOC Transparan

Mudah bukan ? silahkan dicoba sob.

Kesimpulan

MOC (Music on Console) adalah salah satu music player berbasis CLI yang bisa kita install di distro GNU/Linux, masih ada beberapa music player berbasis CLI yang bisa kita jalankan melalui console terminal linux diantaranya ncmpcpp dan nvlc (yaitu vlc media player versi CLI).

Dari segi kemudahan penggunaan nya sebetulnya sama saja antara moc, nvlc maupun ncmpcpp. Namun ketiga nya memiliki fitur yang berbeda sehingga sobat bisa memilih untuk menggunakan music player yang mana yang sesuai dengan keinginan sobat.

Kalau sobat menginginkan kemudahan ketika proses installasi-nya, sobat bisa menggunakan moc dan nvlc, tapi kalau sobat ingin menggunakan music player berbasis CLI yang lebih advance silahkan pilih saja music player ncmpcpp.

Baca juga artikel menarik lainnya sob :
Memutar music di terminal linux dengan nvlc
Cara install mpd dan ncmpcpp di ubuntu dan linux mint

Semoga bermanfaat :-)

Subscribe to receive free email updates: