Cara Konfigurasi Server AirControl2 Ubiquity

Di artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan step by step cara install server aircontrol2 ubiquity di linux based on debian dan ubuntu. Sesuai dengan janji saya, kali ini saya akan posting tutorial cara konfigurasi server aircontrol2 ubiquity, tidak seperti artikel sebelumnya yang dikhususkan bagi pengguna linux diartikel ini lebih bersifat universal karena konfigurasi server aircontrol di OS windows dan linux tidak ada perbedaan sama sekali.

Saya asumsikan sobat sudah menginstall terlebih dahulu server aircontrol2 ubiquity nya, tapi kalau belum silahkan baca artikel saya sebelumnya tentang Cara Install Server AirControl2 Ubiquity di Ubuntu, Debian & Linux Mint

Kalau sobat sudah menginstall-nya silahkan buka Server AirControl2 nya kemudian akan muncul jendela seperti ini, pada kolom server masukan IP dari PC yang di install server aircontrol nya biasa nya akan terisi secara otomatis kemudian masukkan username dan password yg sudah dibuat ketika proses installasi.

Cara Konfigurasi Server AirControl2 Ubiquity


Setelah login kita mulai proses konfigurasi nya, dropdown dan pilih Scan IP Range kemudian masukan range IP radio yang akan kita monitoring dengan server aircontrol2 dikolom IP Range beserta subnet-nya dan klik Scan, secara otomatis di panel sebelah kanan akan muncul device dengan range IP address yang sudah ditentukan,

Lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya

Cara Konfigurasi Server AirControl2 Ubiquity

Setelah proses device discovery selesai tahap berikut nya kita harus mentukan topologi nya agar di server aircontrol2 setiap station bisa terhubung dengan access point nya secara otomatis.

Klik Resolve Network Topology dan otomatis akan muncul jendela baru, jika semua radio menggunakan username dan password yang sama silahkan sobat masukkan username dan password serta ssh port 22 nya sekali saja kemudian klik tombol Processed.

Silahkan lihat gambar dibawah.
Cara Konfigurasi Server AirControl2 Ubiquity

Jika kedua tahap sebelumnya sudah selesai silahkan klik tombol Finish. Lihat gambar dibawah.

Cara Konfigurasi Server AirControl2 Ubiquity

Setelah klik Finish sobat akan masuk ke halaman awal server aircontrol nya, select all dengan cara klik salah satu device dan tekan tombol CTRL+A pada keyboard kemudian klik Start Monitoring, akan muncul jendela seperti gambar dibawah kemudian klik Start Monitoring sekali lagi.

Cara Konfigurasi Server AirControl2 Ubiquity

Kalau semua prosses berjalan dengan baik dan sukses sobat bisa melihat hasilnya seperti gambar dibawah, semua informasi yang berkaitan dengan device radio sobat akan ditampilkan secara detail, akurat dan realtime.

Cara Konfigurasi Server AirControl2 Ubiquity

Selesai sudah semua proses konfigurasi server aircontrol2 ubiquity nya, selain kita bisa me-monitoring semua device radio yang ada dalam satu jaringan, kita juga bisa melalukan perubahan konfigurasi pada radio tanpa perlu mengakses nya satu persatu dari web browser, keren bukan ? silahkan dicoba bagi sobat yang kebetulan seorang IT network engineer dan semoga bermanfaat :-)

Baca juga : Cara Upgrade Firmware Radio Ubiquity

Subscribe to receive free email updates: