Cara Forward Port CCTV di Mikrotik via Winbox

Sudah sangat sering saya menghadapi client-client yang request agar CCTV yang ada dirumah, toko, resto, maupun dikantor nya bisa di akses dari luar baik itu menggunakan web browser ataupun aplikasi DVR Viewer seperti EagleEye, vMeye, Meye, Infinix dll. Karena itulah saya menyadari penting nya bagi seorang yang bekerja sebegai technical support ataupun admin jaringan untuk mengerti konfigurasi port forwarding cctv ini.

Di artikel ini saya akan membahas bagaimana cara konfigurasi agar CCTV yang ada dalam satu local network bisa di akses dari manapun dan kapanpun selama kita memiliki koneksi internet, saya menggunakan fitur NAT pada mikrotik untuk melakukan port forward agar ketika ada request dari source address dan source port tertentu bisa diteruskan oleh router mikrotik ke destination address dan destination port yang ada di local network (IP dan Port DVR).

Cara Forward Port CCTV di Mikrotik via Winbox

Perlu diketahui ketika artikel ini dibuat kondisi yang ada di jaringan saya adalah sebagai berikut :
  • Topology jaringan saya yaitu Modem ~> Router Mikrotik ~> Switch HUB ~> PC Client & DVR
  • Modem dari ISP mode bridge dan IP Public langsung ditanam di router mikrotik
  • IP Public yang saya pakai yaitu static bukan dinamic yang dapat berubah sewaktu-waktu
Jadi, apabila kondisi di jaringan sobat berbeda dengan yang saya jabarkan diatas silahkan disesuaikan.

Cara Setting Port Forward CCTV di Router Mikrotik

Kalau kondisi pada jaringan sobat sudah sesuai dengan yang saya jabarkan diatas sekarang kita lanjut ke tahap konfigurasi nya

Untuk konfigurasi nya silahkan login ke router mikrotik via winbox, kemudian klik menu IP ~> Firewall ~> NAT dan isikan parameter-paremeter seperti gambar dibawah.

Cara Forward Port CCTV di Mikrotik via Winbox

Penjelasan gambar diatas :

Pada tab General
Chain = dstnat
Dst. Address = isi dengan ip public sobat
Protocol = 6 (tcp)
Dst. Port = 3080 (port cctv yang digunakan, bisa di sesuaikan dengan kebutuhan)
Pada tab Action
Action = dst-nat
To. Address = 192.168.1.10 (ip address cctv yang sudah di setting di DVR-nya)
To. Ports = 3080 (port cctv yang digunakan, bisa disesuaikan dengan kebutuhan)
Kalau sudah selesai silahkan klik Apply / OK. Selesai, sekarang kita test konfigurasi diatas menggunakan aplikasi  nmap atau check langsung di website http://www.yougetsignal.com/tools/open-ports/ untuk mengetahui apakah port tersebut sudah bisa diakses atau belum dari luar jaringan dengan IP Public tersebut.

Cek Port CCTV Menggunakan Aplikasi NMAP

Bagi sobat pengguna GNU/Linux yang di PC nya sudah terinstall software network mapper atau nmap bisa mengecek nya dengan mengetikkan perintah berikut di terminal :

nmap -p <port> <ip address public> , contoh :
nmap -p3080 103.27.28.29

Cara test port cctv dengan nmap

Cek Port CCTV Menggunakan Open Port Checker

Berikut hasil pengecekan dari website http://www.yougetsignal.com/tools/open-ports/ dengan memasukkan remote address dan port number yang sudah di konfigurasi di router mikrotik tadi, sobat bisa lihat hasil nya port yang sudah di forward sudah open.

Cara test port cctv dengan open port checker

Apabila sudah di cek menggunakan kedua cara diatas port yang kita forward status nya masih closed, itu artinya port belum tembus ketika diakses dari luar jaringan, silahkan coba langkah - langkah berikut untuk troubleshooting nya :
  • Coba test menggunakan tool diagnostic PING dari router mikrotik ke IP address DVR nya, kalau hasilnya timeout 
  • Cek koneksi kabel dari DVR ke Switch HUB pastikan lampu indikator nya menyala di kedua sisi baik di Switch HUB maupun di DVR nya
  • Kalau masih belum open juga port nya, sobat bisa cek settingan di DVR nya dengan mengakses nya langsung mengunakan monitor dan pastikan settingan IP address dan port nya sudah sesuai.
Port forwarding ini selain bisa dipakai untuk akses CCTV juga bisa digunakan untuk keperluan akses database, server, finger print dan resource lain yang ada di dalam local network dari public (luar jaringan). Sekian tutorial kali ini, di lain kesempatan akan saya bahas tutorial port forward dari router lain selain mikrotik. Akhir kata semoga tutorial singkat ini bisa membantu dan bermanfaat bagi sobat :-)

Subscribe to receive free email updates: