Cara Install Driver BCM43142 di Kali Linux 2.0

Assalamu'alaikum wr.wb, selamat malam sobat venturaz's blog, mumpung lagi gak ada kerjaan sambil nunggu ngantuk iseng-iseng nulis blog lagi aja deh. 

Baiklah, kali ini saya akan membahas cara install driver Broadcom BCM43142 802.11b/g/n di Kali Linux 2.0 karena kebetulan kalau sobat selesai menginstall Kali Linux 2.0 di laptop dengan chipset tersebut maka wifi tidak otomatis aktif yang berarti kita harus install secara manual agar wifi di laptop kita bisa digunakan.

Dari pengalaman saya menggunakan laptop dengan chipset Broadcom 43142 di beberapa distro linux lain seperti Arch Linux, Manjaro, Debian dan tentunya Kali Linux chipset ini memang tidak support , untuk itu sobat harus mengakali nya agar chipset wifi nya bisa berfungsi normal.

Cara Install Driver BCM43142 di Kali Linux 2.0

Sebelum install driver nya lakukan update dan upgrade terlebih dulu dengan mengetikkan perintah ini di terminal linux sobat
apt-get update && apt-get upgrade
Sekarang install linux-headers dan juga build-essential
apt-get install linux-headers-$(uname -r) build-essential -y
Tunggu sampai selesai, kalau sudah selesai install linux-headers nya, sekarang install synaptic package manager karena kita akan install driver nya menggunakan synaptic
apt-get install synaptic -y
Sudah selesai ? kalau iya jalankan aplikasi synaptic nya dengan mengetikkan perintah synaptic di terminal, klik Search kemudian di kolom Search ketikkan BCM43142 sesuai dengan chipset broadcom nya

Cara Install Driver BCM43142 di Kali Linux 2.0

Dari hasil pencarian tadi akan tampil 3 pilihan seperti gambar berikut, silahkan sobat select broadcom-sta-dkms kemudian klik kanan lalu pilih Mark for installation, klik Apply dan tunggu proses installasi sampai selesai kemudian reboot komputer sobat.

Cara Install Driver BCM43142 di Kali Linux 2.0

Setelah di reboot silahkan login kembali dan sekarang sobat sudah bisa menggunakan wifi di Kali Linux 2.0 yang sobat pakai. Enjoyed !

Update !!!
Setelah cukup lama saya menggunakan distro Kali Linux 2.0 di laptop saya yang menggunakan chipset wireless BCM43142, meskipun wifi bisa digunakan tanpa ada kendala tetapi ternyata chipset ini memiliki kekurangan, apa saja kekurangan nya ? kekurangan dari chipset ini yaitu :
  • Tidak support menjalankan mdk3 untuk memutus koneksi user lain yang ada di dalam jaringan
  • Tidak support mode monitor sehingga kita tidak bisa meng-capture handshake ketika melakukan penetrasi ke jaringan wifi
  • Tidak bisa menjalankan software aircrack-ng, yaitu software yang dipakai untuk penetrasi jaringan wireless
Kesimpulan nya adalah, meskipun sobat bisa menjalankan wifi di kali linux pada laptop yang memiliki chipset wireless BCM43142, tapi sobat tidak bisa menggunakan nya untuk keperluan penetration and testing yang memerlukan wifi seperti memutus koneksi user lain, meng-capture handshake, menjalankan mode monitor, sniffing dan lain-lain.

Jadi saya menyarankan, kalau sobat membeli laptop dan akan di install OS pentest seperti kali linux contoh nya, jangan membeli laptop yang memiliki chipset wireless BCM43142. Karena chipset keluaran Broadcom ini belum sepenuhnya support dan bisa berjalan dengan baik di beberapa distro linux. Semoga bermanfaat.



Source references :
https://www.youtube.com/watch?v=b6vPbwsPcc4
http://indonesianbacktrack.or.id/forum/thread-6221.html

Subscribe to receive free email updates: