Cara Install Facebook Messenger di GNU/Linux

Facebook messenger adalah sebuah aplikasi instant message resmi yang di buat oleh facebook untuk melakukan percakapan teks dan suara dengan teman-teman yang ada di jaringan sosial facebook, kalau biasa nya kita melakukan chat di facebook melalui fitur inbox, maka dengan facebook messenger memungkinkan kita untuk melakukan chat facebook menggunakan aplikasi yang bisa kita install di smartphone seperti Android dan iOS.

Pada awalnya aplikasi facebook messenger hanya tersedia untuk smartphone baik itu yang berplatform Android maupun iOS, tapi dengan semakin pesat nya perkembangan teknologi saat ini maka aplikasi facebook messenger pun sudah tersedia untuk pengguna desktop demi memudahkan bagi pengguna yang sedikit malas mengakses facebook via browser.

Aplikassi messenger for desktop ini sebetulnya bukan dibuat secara resmi oleh pihak facebook, melainkan aplikasi yang dibuat oleh pihak ketiga.

Cara Install Facebook Messenger di GNU/Linux

Tertarik menginstall nya di OS GNU/Linux sobat ? kalau iya, sobat bisa mencoba tutorial di blog ini sebagai panduan untuk menginstall nya. Sobat bisa masuk ke website messenger for desktop untuk mendownload sesuai dengan OS yang digunakan atau buka terminal dan ketikkan perintah dibawah ini :

Cara Install Facebook Messenger di GNU/Linux

Facebook messenger sudah tersedia untuk berbagai sistem operasi seperti Windows, MacOS dan tentunya GNU/Linux, namun pada tutorial ini saya hanya akan menunjukkan cara install facebook messenger untuk sistem operasi GNU/Linux basis debian saja seperti ubuntu, linux mint dan turunan nya.

Cara install facebook messenger di linux 32 bit
wget https://github.com/Aluxian/Facebook-Messenger-Desktop/releases/download/v1.4.3/Messenger_linux32.deb && sudo gdebi -i Messenger_linux32.deb
Cara install facebook messenger di linux 64 bit
wget https://github.com/Aluxian/Facebook-Messenger-Desktop/releases/download/v1.4.3/Messenger_linux64.deb && sudo gdebi -i Messenger_linux64.deb
Perintah diatas berguna untuk mendownload file lalu menginstall nya, silahkan tunggu sampai selesai, kalau sudah ketikkan command ini di terminal untuk membuka nya :
messengerfordesktop
Masukkan alamat email dan password yang digunakan untuk login ke account facebook sobat dan klik lanjutkan. Tampilan facebook messenger for desktop ini sama persis dengan tampilan inbox facebook versi browser yang bisa sobat akses melalui link berikut https://www.facebook.com/messages.

Selesai sudah tutorial sederhana ini, apabila sobat mengalami kendala ketika menginstall aplikasi messenger for desktop di GNU/Linux silahkan diskusikan dikolom komentar.  Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates: