Cara Membuat Efek Loading Saat Halaman Dimuat

Loading adalah sesuatu hal yang tidak bisa dihilangkan ketika kita sedang berselancar di internet, tapi terkadang loading yang lama sering kali membuat pengungjung jengkel sehingga enggan menunggu sampai laman web yang sedang dimuat selesai dan akhir nya pengungjung blog kita pun pergi begitu saja.

Karena salah satu alasan itulah disini saya akan memberikan tutorial cara membuat efek loading saat halaman dimuat agar pengungjung blog sobat betah menunggu laman web yang sedang di load, sebelum lanjut ke pembahasan saya kasih screenshoot nya terlebih dulu.

Cara Membuat Efek Loading Saat Halaman Dimuat

Bagaimana tertarik memasang efek animasi loading sederhana di blog sobat ? kalau iya silahkan simak tutorial nya sampai selesai ^_^

Dengan memasang efek animasi loading pada blog seperti ini akan membuat pengunjung blog sobat tidak bosan ketika menunggu halaman blog sobat selesai dimuat, sehingga pengunjung blog tidak pergi begitu saja meninggalkan blog sobat yang lama ketika proses loading nya.

Sekarang kita lanjut ke proses pemasangan nya.

Memasang Efek Animasi Loading di Blogger

Masuk ke Dashboard Blogger ~> Template ~> Edit HTML, kemudian cari kode ]]></b:skin> atau kode </style> agar lebih mudah tekan CTRL + F untuk pencarian dan pastekan kode dibawah ini sebelum kode ]]></b:skin> atau </style>.

#cssload {background:url(http://2.bp.blogspot.com/-gwEckHVvyvM/VnbiQdPPZSI/AAAAAAAADcE/wwKnP62ARpc/s1600/loading.gif) no-repeat center;background-color:rgba(0,0,0,0.36);width:100%;height:100%;position:fixed;left:0;top:0;z-index:1000;}

Kalau sudah selanjutnya pastekan kode dibawah ini dibawah kode <body>

<div id='cssload'/>

Langkah selanjutnya paste kode dibawah ini sebelum kode </body>

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
// Loader
$(window).bind("load",function(){$("#cssload").fadeOut(1e3)});
//]]>
</script>

Terakhir, simpan template dan coba refresh halaman blog sobat, cara kerja dari script ini yaitu ketika sobat memuat salah satu halaman blog otomatis akan muncul efek animasi dan akan berhenti apabila proses loading nya selesai, semoga bermanfaat & selamat mencoba.

Perlu sobat ketahui memasang efek animasi loading ketika halaman dimuat pada blog tentu saja akan mempengaruhi kecepatan loading blog sobat, jadi saya sarankan agar sobat lebih bijak lagi ketika memasang plugin maupun widget tambahan pada blog.


Source references : 
http://www.arlinadzgn.com/2016/02/cara.menambahkan.efek.loading.di.blog.html

Subscribe to receive free email updates: