Menggunakan VIM Editor di Terminal Linux

Vim atau Vi IMproved adalah sebuah vi clone, yaitu merupakan sebuah program yang mirip dengan editor teks "vi". Vim bekerja dengan mode teks pada semua console terminal.

Teks editor Vim juga tersedia pada banyak sistem operasi diantara nya : AmigaOS, Atari MiNT, NextStep, OS/2, RiscOS, OSF, SGI, DOS, MacOS, UNIX, VMS, Win32 Win16 (Windows95/98/00/NT) - terutama FreeBSD dan Linux.

Kalau di lingkungan desktop linux berbasis GUI (Graphical User Interface) kita bisa menjumpai teks editor seperti Gedit, Leapfad, Mousepad, Notepadqq dan yang lain nya yang tentu nya menyuguhkan graphic yang user friendly karena sudah support penggunaan mouse tentu kita tidak akan kesulitan ketika kita harus mengedit atau membuat file konfigurasi untuk keperluan web-server, proxy server ataupun firewall yang membutuhkan teks editor.

Lalu, pertanyaan nya adalah bagaimana kalau kita bekerja menggunakan linux server yang tidak memiliki graphic dan segala macam pekerjaan yang kita lakukan harus melalui console (command line) ? sebetulnya ada beberapa teks editor berbasis CLI yang bisa kita gunakan seperti nano atau vim teks editor, tapi di artikel ini saya hanya akan membahas penggunaan VIM editor saja.

Menggunakan VIM Editor di Terminal Linux



Perintah penggunaan VIM teks editor :

Berikut perintah - perintah dasar dalam penggunaan Vim teks editor :

vim file-name  adalah perintah untuk membuat file baru atau mengedit file, apabila file belum dibuat dengan perintah tersebut berarti kita membuat file baru tapi apabila file sudah ada dengan perintah tersebut berarti kita mengedit file yang sudah dibuat.

  setelah kita mengetikkan vim file-name kita tidak akan bisa mengetik isi file kecuali kita menekan tombol i di keyboard sampai muncul -- INSERT -- di baris paling bawah.

:w  perintah ini digunakan untuk save, perlu di ingat sobat harus menekan tombol ESC di keyboard untuk berpindah dari mode write ke mode read sebelum mengetikkan command ini.

:w new-file-name  digunakan untuk menyimpan file dengan nama berbeda atau Save As.

:help version7 gunakan perintah ini untuk mengetahui versi teks editor vim yang sobat gunakan

:help untuk menampilkan opsi atau petunjuk penggunaan teks editor vim

:wq  write and quite, yaitu perintah yang digunakan untuk menyimpan file yang sudah di buat dan keluar dari vim teks editor.

:q!  keluar dari vim teks editor tanpa menyimpan perubahan.

Itulah beberapa perintah - perintah dasar penggunaan Vim teks editor yang biasa digunakan.  Semoga bermanfaat & selamat mencoba :-)

Baca juga : Kamus Inggris - Indonesia Berbasis CLI di Linux


Source references : http://www.vim.org/6k/features.in.txt

Subscribe to receive free email updates: