Cara Setting IP Address di GNU/Linux via Terminal

Masih seputar tutorial di GNU/Linux, kali ini saya akan membahas tutorial bagaimana cara konfigurasi IP address di GNU/Linux dengan menggunakan command line di terminal, kenapa harus pakai command line bukankah sudah ada network manager yang bisa mempermudah kita mengkonfigurasi IP address ? Betul, itu kalau sobat menggunakan OS linux yang sudah dilengkapi desktop environment yang user friendly.

Namun, apabila sobat ingin mengkoneksikan server berbasis linux yang tidak memakai desktop environment ke jaringan lokal kemampuan ini mutlak harus sobat kuasai agar PC server yang sobat konfigurasi bisa terhubung ke jaringan, bagaimana caranya ? please read this article till end :-D



Konfigurasi IP Address di GNU/Linux via Terminal

Mengkonfigurasi IP address di GNU/Linux menggunakan command line pada console terminal biasa nya dilakukan apabila kita menginstall linux server untuk kebutuhan seperti proxy server, SMTP server, DNS server dan lain-lain yang tidak dilengkapi dengan desktop environment yang berbasis GUI.

Sedangkan untuk mengkonfigurasi IP address static di GNU/Linux, sobat harus mengedit file interface yang ada di directory /etc/network/ menggunakan teks editor nano, gedit, leafpad atau teks editor lain nya, namun pada contoh kali ini saya menggunakan teks editor nano karena bisa dijalankan langsung pada console terminal, berikut perintah nya :
$ sudo nano /etc/network/interfaces
Kalau file nya sudah terbuka tambahkan konfigurasi seperti gambar dibawah, silahkan isi IP address, netmask, network, broadcast & gateway sesuai IP local network sobat. Tekan tombol CRTL + X dan tekan lagi Y di keyboard untuk menyimpan konfigurasi.


Agar bisa terhubung ke internet tentunya kita harus menambahkan DNS (domain name server), edit file /etc/resolv.conf, ketikkan perintah dibawah pada terminal untuk membuka file resolv.conf pada directory /etc :
$ sudo nano /etc/resolv.conf
Isikan primary dan secondary dns sobat seperti gambar dibawah ini


Kemudian tekan tombol CRTL + X dan tekan lagi Y di keyboard untuk menyimpan, kalau konfigurasi IP address dan DNS sudah selesai, selanjutnya lakukan restart service network manager dengan perintah berikut :
$ sudo /etc/init.d/network-manager restart

Sekarang coba sobat test koneksi dengan perintah ping ke gateway dan ke situs internet, kalau konfigurasi nya sudah berhasil maka hasilnya akan reply dan linux server yang sobat konfigurasi sudah terhubung baik ke local network maupun ke internet. Good luck :-)

Baca juga : Konfigurasi IP Address via CMD di Windows

Subscribe to receive free email updates: