Cara Install Winbox di GNU/Linux Tanpa Wine

Pengertian Winbox

Winbox adalah software utility yang digunakan untuk keperluan remote Router Mikrotik dengan mode GUI (Graphical User Interface), aplikasi winbox ini bisa membantu memudahkan bagi yang tidak mau repot me-remote router mikrotik dengan command line interface.

Kalau sobat mendownload aplikasi winbox di website resmi-nya www.mikrotik.com yang tersedia hanya aplikasi winbox khusus pengguna OS Windows dengan ekstensi file *.exe, tapi bagaimana kalau kita menggunakan OS berbasis Linux ? sebetulnya aplikasi winbox bisa dijalankan di OS Linux dengan cara install wine emulator secara manual lebih dulu, tapi kalau sobat tidak mau repot install wine secara manual bisa langsung menginstall aplikasi winbox for linux ini.

 

Cara Install Winbox di GNU/Linux

Sebetulnya mikrotik sendiri belum menyediakan aplikasi winbox khusus linux, jadi aplikasi winbox for linux yang selama ini dikenal khusus untuk OS linux adalah winbox.exe yang sudah di bundle dengan wine dan dijadikan ekstensi .deb sehingga kita bisa menginstall nya di linux tanpa harus menginstall wine emulator nya dulu secara manual. Tapi karena berekstensi .deb maka aplikasi winbox ini hanya bisa diinstall di OS Linux Debian & Ubuntu beserta turunan nya saja, silahkan download dulu aplikasi nya DISINI.

Kalau sudah berhasil di download silahkan buka terminal dan masuk ke directory tempat file yang sudah didownload tadi berada, biasanya di directory Downloads.
cd Downloads/
Selanjutnya install aplikasi dengan dpkg, ketikkan perintah berikut untuk menginstallnya diterminal. 
sudo dpkg -i winbox4lin.deb 
sudo apt-get install -f
Tunggu sampai selesai, karena disini saya menggunakan Distro linux backbox dengan desktop xfce4 cara membuka aplikasi nya dengan cara klik Applications Menu > Other > Winbox, bisa juga dengan membuka nya langsung dari terminal dengan mengetikkan perintah winbox.

Baca juga : Cara install desktop environment xfce4 di kali linux


Gambar diatas adalah screenshoot winbox yang sudah berhasil diinstall di laptop saya dengan distro linux backbox,

Salah satu kelebihan dari router mikrotik adalah adanya software utility winbox yang secara khusus dibuat untuk keperluan konfigurasi semua perangkat mikrotik baik itu routerboard, wireless radio dan lain-lain. Sehingga proses mengkonfigurasi router mikrotik menjadi lebih mudah.

Namun ada satu hal yang sangat di sayangkan, yaitu pihak mikrotik sampai sekarang masih belum merilis software utility winbox khusus untuk pengguna linux secara resmi padahal tidak sedikit pengguna router produk mikrotik yang menggunakan linux sebagai OS di laptop nya, menurut saya pribadi ini sesuatu yang aneh mengingat RouterOS yang dikembangkan oleh pihak mikrotik sendiri menggunakan kernel dari linux.

Oh ya, kalau sobat menginstall winbox di OS linux ada beberapa kekurangan salah satu nya yaitu apabila sobat hendak mengkonfigurasi router mikrotik yang baru di reset biasa nya akan kesulitan mengakses router mikrotik menggunakan MAC address karena begitu sobat scan MAC address nya menggunakan winbox biasa nya fitur MAC discovery nya tidak bisa berjalan dengan baik, alhasil kita harus scan MAC address router mikrotik berulang-ulang agar bisa mengakses konfigurasi router mikrotiknya.

Akhir kata, semoga tulisan saya kali ini sedikitnya bisa bermanfaat untuk sobat, terimakasih.

Subscribe to receive free email updates: