Cara Setting Bridge Interface MikroTik

Router Mikrotik adalah salah satu jenis router yang handal untuk keperluan networking karena setiap port interface pada routerboard mikrotik bisa di set dengan IP Address yang berbeda, tapi terkadang ada kalanya sobat ingin memfungsikan port interface router mikrotik sebagai bridge. Nah, untuk keperluan seperti ini router mikrotik sendiri sudah memiliki fitur "brigde" yang memungkinkan sobat untuk men-set IP Address yang sama pada beberapa port interface.

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat tutorial cara setting brigde interface pada router mikrotik, di tutorial ini saya akan membuat brigde interface untuk port interface ether3, ether4 dan interface wlan1 agar client di lokal network yang terkoneksi ke router mikrotik melalui port interface ether3 & interface ether4 bisa mendapatkan segmen IP Address yang sama dengan client yang terkoneksi menggunakan wifi.


Membuat Brigde Interface Pada RouterBoard Mikrotik

Router mikrotik yang saya gunakan untuk simulasi kali ini yaitu RB951Ui-2HnD dengan RouterOS versi 6.30 dan menggunakan software utility winbox dengan antarmuka GUI, untuk mengkonfigurasi nya sobat login ke router mikrotik via winbox kemudian ikuti langkah-langkah berikut :
~> Klik menu Bridge 
~> Klik tanda plus (+) untuk menambahkan interface brigde
~> Di tab General silahkan ganti nama interface brigde nya pada parameter Name 
Kalau sudah silahkan klik Apply dan klik lagi OK. Silahkan lihat gambar dibawah untuk lebih jelas nya.


Tahap kedua yaitu menambahkan port interface yang akan di jadikan brigde, di contoh tutorial ini saya akan mem-bridge port interface ether3, ether4 dan wlan1, masih di menu Brigde klik tab Ports  ~> klik tanda plus (+) ~> kemudian pada parameter Interface silahkan pilih port yang akan di brigde kemudian klik Apply dan OK. Silahkan ulangi sesuai dengan jumlah port yang akan di brigde.


Untuk memastikan interface Bridge yang sudah sobat buat tadi running atau belum, klik menu Interface di sebelah kiri, kalau konfigurasi nya sudah betul maka akan terlihat nama interface baru yaitu bridge1 dengan flag R yang berarti sudah running dan siap digunakan.


Kalau sobat sudah selesai membuat interface baru tahap berikut nya yaitu sobat harus menambahkan IP Address pada interface brigde yang sudah dibuat sebelumnya :
~> Klik menu IP - Addresses
~> Klik tanda plus (+) untuk menambahkan IP Address baru
~> Isikan IP Address yang di inginkan di kolom Address
~> Silahkan pilih bridge1 pada parameter Interface
Kalau sudah klik OK. silahkan sobat lihat gambar dibawah agar lebih jelas.


Apabila sobat akan mengkonfigurasi DHCP Server untuk interface brigde yang sudah dibuat, klik menu IP ~> DHCP Server ~> DCHP Setup, pada opsi DHCP Server Interface pilih bridge1 selanjutnya tinggal klik next-next saja sampai selesai.


Kesimpulan

Selamat ! sobat sudah berhasil mengkonfigurasi bridge interface pada router mikrotik, untuk mengkonfigurasi beberapa port interface pada router mikotik agar memiliki segmen IP address yang sama sobat bisa memanfaatkan fitur bridge dan switch port.

Fungsi kedua fitur tersebut hampir sama tapi proses konfigurasi nya berbeda, untuk tutorial konfigurasi switch port pada router mikrotik akan saya bahas di postingan berikutnya. Jadi, pastikan sobat terus mengunjungi blog ini ya.

Kalau ada kritik, saran ataupun pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar ya sob ;) semoga bermafaat.

Subscribe to receive free email updates: