Memutar Music di Terminal Linux Dengan NVLC

Bagi sobat pengguna system operasi berbasis GNU/Linux ada banyak sekali pilihan music player berbasis console dan bisa langsung dijalankan diterminal linux sebut saja MOC (music on console) atau yang lebih kompleks lagi seperti ncmpcpp, kali ini saya masih tertarik membahas music player berbasis console ini karena sebagian besar pengguna system operasi GNU/Linux tentu lebih banyak menghabiskan waktu berkutat di terminal linux nya termasuk memutar music untuk menghilangkan jenuh ketika lagi sibuk-sibuk nya ngoprek

Baca juga : 

Di hari yang cerah ini (ciiieeee jadi inget kenangan sama mantan :D) saya akan share tutorial ringan yaitu cara memutar music melalui terminal linux dengan nvlc. Apa itu nvlc ? nvlc adalah vlc berbasis console yang bisa sobat gunakan untuk memutar video dan tentunya music melalui console terminal, untuk bisa memutar music melalui console dengan nvlc syaratnya sobat harus sudah menginstall aplikasi vlc media player. Kalau menggunakan distro linux based on ubuntu aplikasi vlc media player biasa nya sudah tersedia di repository jadi untuk menginstall nya tinggal mengetikkan perintah berikut di terminal linux sobat :
$ sudo apt-get install vlc
Tunggu sampai VLC media player berhasil terinstall, sekarang kita coba memutar video dan music dengan nvlc dari terminal linux.

Memutar music di terminal dengan nvlc

Untuk memutar music maupun video dengan nvlc sobat harus berpindah ke directory tempat dimana file video dan music yang akan diputar berada, kemudian ketikkan perintah berikut di terminal linux : 
$ nvlc *.mp3
Dengan mengetikkan perintah diatas maka semua file music yang ada dalam satu directory akan diputar.


Berikut parameter yang bisa sobat gunakan untuk memutar music di terminal linux dengan nvlc, atau tekan tombol "h" for help, di keyboard.

q, Q, Esc              Quit
s                      Stop
<space>                Pause/Play
f                      Toggle Fullscreen
n, p                   Next/Previous playlist item
[, ]                   Next/Previous title
<, >                   Next/Previous chapter
<left>,<right>         Seek -/+ 1%
a, z                   Volume Up/Down
m                      Mute

Sebetulnya banyak sekali media player berbasis console yang bisa di install di sistem operasi GNU/Linux seperti MOC (music on console) dan ncmpcpp, tapi menurut saya media player nvlc jauh lebih simple dan lebih praktis digunakan dibandingkan media player berbasis console yang lain.

Baca juga artikel menarik lainnya :
Cara install vlc media player di ubuntu 15.04
Cara membuat background moc (music on console) transparan

Silahkan sobat explore lebih jauh lagi, semoga bermanfaat. Silahkan tekan tombol share dibawah kalau sobat merasa artikel ini bermanfaat dan layak untuk disebarluaskan agar sobat linuxer lain pada tahu, see you next time ;)

Subscribe to receive free email updates: