Cara Install Desktop Budgie di Ubuntu 16.04

Budgie adalah DE (Desktop Environment) flagship yang secara default sudah tersedia khusus untuk distro linux Solus OS dan memang desktop ini bagian daripada project Solus OS, desktop budgie di design sebagai desktop linux yang modern dengan mengedepankan design yang simple dan elegan, desktop ini di bangun from scratch atau dibagun dari awal dan terintegrasi dengan GNOME Stack.


Berikut contoh screenshoot desktop budgie yang sudah berhasil di install di ubuntu.

Tampilan file manager dan raven di desktop budgie

Gimana sob, bagus kan ? kalau sobat tertarik untuk menginstall desktop environment budgie khas distro linux Solus OS di ubuntu, silahkan simak tutorial ini sampai selesai. Tapi sebelum lanjut ke proses installasinya akan lebih baik kalau sobat mengetahui keunggulan beserta fitur yang di hadirkan pada desktop ini.

Fitur Unggulan Desktop Budgie

Ada 2 (dua) fitur unggulan dari desktop ini yang menurut saya berbeda dari desktop yang lain. Fitur yang saya maksud ini yaitu Budgie Menu dan Raven yang di design dengan modern dan memiliki fungsionalitas yang baik.

BUDGIE MENU
Desktop Budgie menawarkan menu yang intuitif yang memungkinkan akses cepat ke program yang sudah sobat install, ada 2 pilihan tampilan menu pada desktop budgie, yaitu tampilan berdasarkan kategory seperti tampilan menu khas desktop cinnamon dan juga tampilan menu mode compact views, sobat bisa mengatur nya langsung pada Raven.

RAVEN
Raven adalah action center khas desktop budgie yang terletak disebelah kanan desktop, raven bisa sobat akses dengan mengklik icon notification pada taskbar sebelah kanan bawah, dengan adanya action center raven khas desktop budgie ini ada beberapa hal yang bisa sobat lakukan dengan cepat :

  • Mempermudah untuk mengakses informasi seperti kalender, volume suara, mengontrol media player seperti musik, dan banyak lagi melalui Applets View.
  • Melihat notifikasi aplikasi dan sistem di menu Notifications.
  • Melakukan kustomisasi desktop budgie dengan cepat seperti mengubah GTK Themes, Icon Themes, Cursor Themes, Fonts dan lain-lain.
  • Menambah, menghapus, dan memodifikasi panel dengan mudah.
  • Memungkinkan akses cepat ke pengaturan sistem, me-restart, logout dan shutdown.

Cara Install Desktop Budgie di Ubuntu 15.10 dan 16.04 LTS

Desktop budgie bisa di install di distro linux ubuntu based dengan menambahkan PPA repository budgie-remix terlebih dulu, untuk menambahkan PPA repository budgie-remix dan menginstall desktop budgie versi terbaru (versi terbaru ketika saya menulis artikel ini yaitu  10.2.7) pada ubuntu 15.10 atau 16.04 LTS, silahkan sobat buka terminal linux dan ketikkan perintah dibawah ini satu-persatu :
$ sudo add-apt-repository ppa:budgie-remix/ppa
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install budgie-desktop
Setelah berhasil di install silahkan logout dan login lagi ke ubuntu nya, kemudian di login screen session list sobat pilih Budgie Desktop. Berikut screenshoot desktop budgie yang sudah berhasil di install di Ubuntu 16.04 milik saya.

Tampilan budgie menu di desktop environment budgie

Cara Uninstall Desktop Budgie

Setelah menginstall dan menggunakan desktop budgie sebagai desktop environment di ubuntu, saya cukup puas dengan lingkungan desktop ini karena terkesan simple, fresh dan tentunya elegan. Semoga saja sobat nyaman menggunakan DE ini, tapi kalau merasa kurang nyaman sobat bisa meng-uninstall nya dengan cara menghapus PPA repository nya terlebih dulu.
$ sudo apt-get install ppa-purge
$ sudo ppa-purge ppa:budgie-remix/ppa
Setelah berhasil menghapus PPA repository nya sekarang sobat bisa menghapus desktop budgie nya dengan mengetikkan perintah berikut diterminal
$ sudo apt-get remove budgie-desktop
Selesai. Oh ya, entah kenapa saya menemukan adanya bug yang cukup mengganggu yaitu ketika klik kanan di desktop tiba tiba mouse sama sekali tidak berfungsi, saya belum tahu apakah bug ini cuma di laptop saya atau sobat linuxers lain juga mengalamai nya, kalau sobat mengalami hal yang sama dengan saya silahkan ditulis di kolom komentar yah sobat ;)

Baca juga :


Source references :
https://solus-project.com/budgie/
http://www.webupd8.org/2016/03/how-to-install-budgie-desktop-in-ubuntu-ppa.html

Subscribe to receive free email updates: