Cara Menginstall Font di GNU/Linux

Cara Menginstall Font di GNU/Linux - Ketika membuat sebuah dokumen menggunakan software pengolah kata seperti Ms. office, WPS Writer ataupun LibreOffice, penggunaan font style sangat penting sekali agar dokumen yang kita buat bisa terlihat rapi dan bagus. Kalau sobat menggunakan distro linux terkadang ada beberapa font yang secara default tidak terinstall.
Contoh kasus saya membuat dokumen menggunakan aplikasi pengolah kata WPS Writer dan ketika ingin menggunakan font Clear Sans ternyata font tersebut tidak ada dan tidak bisa dipakai, lalu bagaimana solusi nya ? tentunya saya harus menambahkan atau menginstall font yang saya butuhkan secara manual agar bisa digunakan.

Baca juga : Cara install WPS office di linux Elementary OS

Cara Mudah Menginstall Font di GNU/Linux

Sebetulnya menginstall fonts apapun di GNU/Linux caranya sama saja, yaitu download, extract, copy paste folder font yang sudah di extract kemudian update font nya. Tapi karena di tutorial ini kita akan menginstall font Clear Sans jadi langkah pertama download dulu font nya DISINI.

Kalau sudah di download buka folder tempat font hasil download tadi berada, klik kanan dan pilih Extract Here untuk meng-extract nya.

extract file zip font clear sans

Setelah di extract kita harus memindahkan folder font hasil extract tadi ke directory /usr/share/fonts/truetype, agar lebih mudah kita lakukan via terminal saja karena untuk memindahkan folder font tersebut ke directory /usr/share/fonts/truetype dibutuhkan privileges sebagai user root.

Buka terminal linux sobat kemudian masuk ke directory tempat folder font hasil extract tadi berada, kemudian ketik perintah berikut di terminal.
$ sudo mv clear-sans/ /usr/share/fonts/truetype/
Terakhir update fonts nya dengan mengetikkan perintah berikut
$ sudo fc-cache -fv
Font sudah berhasil di install tinggal sobat pakai sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel menarik lainnya sob :
Perintah - perintah dasar di GNU/Linux
Kamus inggris - indonesia berbasis CLI di linux

Subscribe to receive free email updates: