Cara Menyembunyikan File ke Dalam Gambar di Linux

Cara menyembunyikan atau hidden file di GNU/Linux banyak sekali metode nya, bisa dengan me-rename file dan menambahkan titik (.) di depan file atau folder ataupun bisa dengan membuat sub folder bercabang yang sangat banyak dan lain lain.

Semua cara itu bertujuan agar file yang kita anggap rahasia tidak bisa di temukan dan dibuka oleh orang lain yang sedang menggunakan komputer kita. Ataupun kita hendak mengirimkan sebuah file rahasia yang di sembunyikan kedalam file lain (contoh menyisipkan file rahasia kedalam sebuah gambar) kepada penerima dengan tujuan agar tidak ada orang lain yang bisa membuka file rahasia tersebut selain kita sebagai pengirim dan juga si penerima.

Baca juga : Cara modifikasi pesan error command not found di terminal linux

Pertanyaanya, apakah kita bisa menyembunyikan file rahasia baik itu berupa dokumen, video, audio ataupun gambar kedalam sebuah file ? tentu saja bisa, dan itulah yang disebut salah satu teknik Steganografi. 

Pengertian Stenografi

Stenografi adalah sebuah teknik membuat pesan tersembunyi atau pesan rahasia yang bertujuan agar tidak ada orang lain yang mengetahui nya, stenografi biasa nya di implementasikan untuk menyembunyikan sebuah pesan kedalam file berupa gambar dan lain-lain. Sedangkan arti kata stenografi menurut Wikipedia Bahasa Indonesia adalah : 
Steganografi adalah ilmu dan seni menulis pesan tersembunyi atau menyembunyikan sebuah pesan dengan cara tertentu sehingga selain si pengirim dan si penerima, tidak ada seorangpun yang mengetahui atau menyadari bahwa ada sebuah pesan rahasia di dalam nya.
Untuk bisa menyembunyikan sebuah file rahasia (bisa berupa dokumen, video dan audio) kedalam sebuah gambar, kita harus membuat sebuah directory atau folder yang didalam nya berisi gambar dan tentunya file yang akan kita sembunyikan.

Cara Menyembunyikan File ke Dalam Gambar 

Di tutorial ini saya mempunyai sebuah directory atau folder bernama ~/secret yang didalam nya sudah saya siapkan file gambar yaitu kucing.jpg dan file video yang akan saya sisipkan kedalam gambar tersebut yaitu video-anu.mp4.

Baca juga : [FUN] Serunya bermain game di chrome ketika internet putus

Pertama, kita buat file dengan format .zip dari file yang akan kita sembunyikan, ketikkan perintah berikut di terminal :

$ zip -r secret-file.zip video-anu.mp4

Ketikkan perintah ls -l di terminal untuk memverifikasi apakah file secret-file.zip sudah berhasil dibuat atau belum, silahkan lihat gambar dibawah.

Cara menyembunyikan file ke dalam gambar di linux

Selanjutnya kita gabungkan file gambar kucing.jpg dengan file hasil kompres tadi, gunakan perintah berikut di terminal :

$ cat kucing.jpg secret-file.zip > kucing-imut.jpg

Lakukan verifikasi dengan mengetikkan perintah ls -l di terminal, lihat gambar dibawah.

Cara menyembunyikan file ke dalam gambar di linux

Sekarang file kucing-imut.jpg sudah berhasil dibuat dan tetap bisa dibuka dengan image viewer seperti biasa. Silahkan hapus file kucing.jpg secret-file.zip dan video-anu.mp4.

Cara menyembunyikan file ke dalam gambar di linux

Sampai tahap ini kita sudah berhasil menyisipkan file video yaitu video-anu.mp4 kedalam file kucing-imut.jpg. Terus cara buka file video-anu.mp4 yg di sembunyiin nya gimana masbro ? gampang kok, sobat tinggal extract saja melalui terminal dengan perintah :

$ unzip kucing-imut.jpg

dan hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah. Oh ya, file yang sudah di sisipkan kedalam gambar tersebut akan tetap bisa di extract berkali-kali sama seperti file ber-ekstensi .zip pada umumnya.

Cara menyembunyikan file ke dalam gambar di linux

Begitulah step by step tutorial Cara menyembunyikan file ke dalam gambar di linux, dengan cara seperti ini file rahasia yang kita sembunyikan akan lebih aman karena orang lain selain kita tidak akan pernah tahu bahwa didalam gambar tersebut ternyata ada file yang disisipkan. Mohon maaf kalau ditutorial ini terdapat kesalahan penulisan kata ataupun penyampaian bahasa, semoga bermanfaat.

Baca juga : Cara mempercantik terminal di linux ubuntu 14.04 LTS



Source references :
https://id.wikipedia.org/wiki/Steganografi
http://www.pintarkomputer.com/cara-menyembunyikan-file-atau-folder-ke-dalam-gambar-di-linux/

Subscribe to receive free email updates: