Cara Mengatasi System Program Problem Detected di Ubuntu

Gak kerasa ternyata sudah 1 bulan lebih saya gak update artikel maupun tutorial di blog ini, dan alhamdulillah saya masih diberikan kesehatan oleh Allah SWT sehingga masih berkesempatan update tutorial di blog kesayangan sobat ini :D 

Oh ya, kebetulan akhir-akhir ini sering muncul pesan error System Program Problem Detected di Ubuntu 16.04 LTS yang saya pakai, awalnya saya kira hanya pesan error biasa yang hanya muncul sekali saja, tapi ternyata pesan error ini selalu muncul ketika saya menyalakan laptop dan tentu saja ini sangat menggangu, setelah googling sana sini akhirnya saya menemukan solusi yang sangat simple nan jitu dan akan saya share di tutorial kali ini.

Cara mengatasi system program problem detected di ubuntu


Penyebab terjadinya System Program Problem Detected 

Apabila sobat menyalakan laptop kemudian menemukan pesan error System Program Problem Detected yang muncul di desktop ubuntu sobat, itu disebabkan karena adanya beberapa program yang crash pada system linux ubuntu sobat, tapi jangan kuatir karena error yang terjadi bukan lah sesuatu yang fatal dan tentunya sobat bisa mengatasi nya dengan langkah-langkah berikut.

Cara memperbaiki System Program Problem Detected 

Pertama kita cek dulu program atau aplikasi apa yang crash atau error dengan cara buka terminal linux ubuntu sobat kemudian ketikkan perintah :
cd /var/crash
Kemudian tampilkan dengan perintah ls untuk mengetahui program atau aplikasi yang error nya.

Cara mengatasi system program problem detected di ubuntu

Setelah mengetahui ternyata memang ada program atau aplikasi yang mengalami crash di system ubuntu kita, selanjutnya kita remove semua program yang crash tadi dengan perintah.
sudo rm /var/crash/*
Pastikan semua nya sudah terhapus dengan perintah diatas, untuk memastikan nya sobat bisa mengetikkan perintah ls, kalau sudah tidak ada program yang crash monggo lanjut ke tahap berikutnya.

Cara mengatasi system program problem detected di ubuntu

Sebetulnya dengan cara diatas permasalah nya sudah clear tapi kalau ada program atau aplikasi yang crash lagi maka notifikasi System Program Problem Detected akan muncul lagi setiap kali sobat menyalakan laptop, lalu bagaimana solusinya ? 

Kita bisa mematikan nofitikasi nya dengan masuk ke system apport, ketikkan perintah berikut diterminal :
sudo gedit /etc/default/apport
Kemudian kita harus mengedit bagian enable=1 menjadi enable=0, setelah itu klik save untuk menyimpan perubahan konfigurasi.

Cara mengatasi system program problem detected di ubuntu

Terakhir, restart system apport dengan perintah $ sudo service apport restart seperti gambar dibawah.

Cara mengatasi system program problem detected di ubuntu

Kalau sobat ingin memastikan penyakitnya sudah sembuh atau belum coba restart ubuntu nya, kalau notifikasi tersebut sudah tidak muncul lagi berarti penyakit nya sudah berhasil diobati.

Oh ya, sebaiknya apabila sobat mengalami problem seperti ini sebelum mengatasi nya dengan cara-cara seperti yang sudah saya jelaskan di tutorial ini alangkah baik nya sobat mengklik tombol Report problem seperti contoh gambar paling atas.

Tujuan nya yaitu untuk melaporkan bug yang muncul di sistem linux kita ke developer nya, dengan begitu secara tidak langsung kita sebetulnya sudah ikut berkontribusi untuk memperbaiki error yang terjadi pada sistem linux yang kita gunakan.

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: