Cara Downgrade RouterOS Mikrotik

Cara Downgrade RouterOS Mikrotik - Downgrade routeros mikrotik dilakukan apabila versi routeros terbaru memiliki kekurangan atau performance router jadi tidak maksimal setelah di upgrade ke routeros versi terbaru, atau sobat merasa tidak nyaman dan kurang familiar dengan routeros terbaru, maka sobat bisa mengambil opsi untuk mendowngrade routeros ke versi yang lebih lama.

Cara Downgrade RouterOS Mikrotik

Sebelum mendowngrade sobat harus download modul routeros nya terlebih dulu di link berikut https://mikrotik.com/download/archive, sobat juga harus memastikan bahwa modul routeros yang di download sudah sesuai dengan arsitektur processor yang digunakan oleh router. Untuk arsitektur processor nya sendiri ada beberapa pilihan diantaranya yaitu : mipsbe, mipsle, smips, ppc/powerpc, x86 dan tile.

Sedangkan untuk mengetahui jenis arsitektur processor yang digunakan pada router caranya tinggal dilihat pada bagian atas winbox ketika me-remote router mikrotik nya, atau bisa juga melihatnya di menu System ~> Resources untuk melihat resource router secara detail dan lengkap.

Cara Downgrade RouterOS Mikrotik

Setelah mengetahui jenis arsitektur yang digunakan oleh router, silahkan download versi routeros yang diinginkan dengan meng-klik link yang sudah saya kasih diatas. 


Sobat harus men-download routeros combined package, apa itu combined package ? combined package adalah paket routeros dengan file ber-esktensi (dot)npk. Contohnya adalah : routeros-mipsbe-6.34.5.npk seperti contoh gambar diatas.

Apabila modul routeros berhasil di donwload, sekarang kita harus meng-upload nya ke router, caranya tinggal drag and drop saja modul routeros nya dari windows explorer ke menu Files pada winbox kalau sobat menggunakan sistem operasi windows.

Sedangkan kalau sobat pengguna sistem operasi selain windows, linux misalnya, maka sobat harus menggunakan FTP Client untuk meng-upload modul routeros nya, bisa menggunakan FileZilla atau FTP Client lainnya, setelah berhasil di upload silahkan lihat pada menu Files di winbox.

Hasilnya akan terlihat seperti ini :


Pada contoh ini saya men-downgrade routeros dari versi 6.38.5 ke routeros versi 6.34.5, kalau sudah terlihat di menu Files berarti modul routeros sudah berhasil di upload, untuk menginstall nya cukup mudah sob.

Silahkan klik menu System ~> Packages pada winbox kemudian klik tombol Downgrade seperti gambar dibawah, tunggu beberapa saat sampai router reboot sendiri.


Kalau router sudah selesai reboot silahkan login kembali ke router via winbox, untuk memastikan modul routeros berhasil di install klik menu System ~> Packages, disini kita bisa melihat versi routeros sudah berhasil di downgrade. 

Kesimpulan

Saya sarankan apabila jaringan sobat sudah stabil dengan menggunakan versi routeros tertentu, sebaiknya dipertahankan saja untuk menggunakan versi routeros tersebut dikarenakan setiap versi memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi jangan sering upgrade dan downgrade versi router sob.

Oh ya, untuk tutorial cara upgrade routeros mikrotik akan saya publish lain waktu di blog ini. Jadi, pastikan sobat terus mengunjungi blog ini ya, semoga bermanfaat :-)

Subscribe to receive free email updates: